Friday, July 18, 2014

2014, Laboratorium Seni Budaya Akan Dibangun di 21 Sekolah Menengah

Jakarta, Kemdikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan membangunn 21 laboratorium seni budaya di SMA dan SMK sebagai proyek percontohan. Laboratorium seni budaya ini nantinya akan menjadi pusat pembelajaran seni dan budaya bagi siswa sekolah menengah untuk mendukung implementasi Kurikulum 2013.

Direktur Sejarah dan Nilai Budaya Kemdikbud, Endjat Djaenuderadjat mengatakan, laboratorium seni budaya di 21 sekolah yang menjadi proyek percontohan tersebut bisa digunakan oleh sekolah lain. “Idealnya memang setiap sekolah mestinya ada. Tapi dengan keterbatasan yang ada, tahun ini baru akan dibangun 21 laboratorium,” katanya saat jumpa pers di Gedung E Kemdikbud, Jakarta, (17/07/2014).

Endjat menuturkan, laboratorium seni dan budaya bisa digunakan untuk pemutaran film, diskusi, latihan teater, menari, belajar teknik menenun, dan sebagainya. Ada 21 sekolah menengah yang tersebar di berbagai daerah untuk menjadi proyek percontohan laboratorium seni dan budaya. Sekolah tersebut antara lain SMK Negeri Pertanian Terpadu Riau, SMAN 5 Palembang, SMAN 2 Pematang Siantar, SMKN 10 Bandung, SMAN 1 Bengkulu Tengah, SMA Katolik Regina Pacis Nusa Tenggara Timur, dan SMAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar.

Sebelumnya, Dirjen Kebudayaan Kacung Marijan mengatakan pentingnya pembangunan laboratorium seni dan budaya. “Kami melihat pentingnya membangun laboratorium seni dan budaya. Karena seni dan budaya tidak bisa hanya dipelajari lewat teori saja,” ujarnya saat penutupan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan, pada Maret lalu. Ia mengatakan, untuk membangun satu laboratorium seni budaya tersebut dibutuhkan dana Rp600 juta-Rp700 juta, bergantung pada lokasi dan daerahnya. Setelah laboratorium seni dan budaya selesai dibangun, para seniman atau sarjana kesenian akan diminta untuk datang mengajar sebagai guru tamu dan lainnya. (Desliana Maulipaksi)

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Budaya / Dibangun / Laboratorium / Menengah / Sekolah dengan judul "2014, Laboratorium Seni Budaya Akan Dibangun di 21 Sekolah Menengah".http://soal2online.blogspot.com/2014/07/2014-laboratorium-seni-budaya-akan.html.

ARTIKEL TERKAIT: