Thursday, July 10, 2014

Cina, Negara Tujuan Studi Terbesar Ketiga di Dunia

By Dini Savila on Jul 4, 2014

Cina kini menjadi negara dengan tujuan studi ketiga terbesar di dunia. Hal ini terjadi tanpa direncanakan dengan detail sebelumnya oleh pemerintah setempat. Kini Cina menduduki urutan ketiga melampaui negara-negara terkemuka seperti Perancis, Jerman, dan Australia.


Mengacu pada laporan dari AS—yakni dari Institute of International Education Project Atlas mencatat bahwa Cina menjadi tuan rumah dari hampir 330.000 mahasiswa asing pada tahun 2012, dengan hanya Inggris dan Amerika yang mendapat jumlah lebih tinggi dibandingkan dengan Cina.


Bahkan dengan pangsa pasar yang nyaris tak terdaftar hingga tahun 2011 silam sebab minimnya jumlah pendaftaran mahasiswa asing, saat ini Cina malah berhasil menduduki peringkat ketiga terbesar di dunia yang berarti memegang sekitar 8% pangsa pasar global. Banyak pihak yang berpendapat bahwa Cina menarik banyak mahasiswa asing dikarenakan salah satu tujuan pemerintahnya, yakni menarik sekitar 500.000 mahasiswa asing pada tahun 2020 nanti.


“Cina ingin mengukuhkan dirinya sebagai negara global,” begitu kutipan dari artikel China Daily. “Ada cara yang baik untuk menarik orang-orang berbakat dibanding dengan membayarnya. Cara tersebut adalah dengan menyebarkan budaya dan bahasa, sehingga kami pun dapat menetapkan keuntungan yang baik dan maksimal dengan SDM memadai. Perusahaan di Cina pun ingin mengglobalkan diri mereka. Bukankah cara ini juga sama baiknya dengan saat kami mengirimkan pelajar ke luar negeri untuk mempelajari cara orang barat menuntut ilmu, kemudian menarik kembali mereka ke negeri kami?”


Hal tersebut jelas menjadi penyebab mengapa Cina menarik mahasiswa asing di Asia dan sekitarnya hingga terkategorikan dalam jumlah yang fantastis. Demikian pentingnya perekonomian di Cina yang ditentukan dari kualitas perguruan tinggi yang terus ditingkatkan, begitu juga dengan perihal negara ini yang ingin menjadikannya sebagai tujuan pendidikan bagi siswa internasional. Perekonomian di Cina jelas telah menjadi ‘powerhouse’ alias pusat pembangkit ekonomi dunia selama beberapa waktu, sebelum Bank Dunia dan beberapa lembaga statistik terkemuka kemudian mematok AS untuk menggantikan posisinya.



Negara dengan tujuan studi terbanyak di dunia. Sumber: Atlas Project


Meski demikian, dikarenakan perubahan dalam penghitungan daya beli relatif, serta kelajuan pertumbuhan ekonomi Cina dalam beberapa tahun terakhir ini, negeri tirai bambu ini dipastikan melangkah menuju puncak ekonomi global dalam beberapa tahun berikutnya dibandingkan perkiraan sebelumnya.


Terkait dengan mahasiswa asing yang melanjutkan studi ke Cina, University World News baru-baru ini melaporkan bahwa hampir semua universitas di Cina—yang sebagian besar di antaranya memberikan program studi dengan pengantar bahasa Inggris, melihat adanya peningkatan jumlah mahasiswa asing dari negara non-Asia. Di samping itu, ada pula ‘peningkatan substansial’ dalam jumlah mahasiswa internasional yang terdaftar dalam program gelar (departemen) yang disampaikan melalui bahasa Cina.


“The General Office of the State Council menyebutkan bahwa jumlah lulusan perguruan tinggi akan menjadi 7.270.000 lulusan mahasiswa pada tahun ini, yang merupakan rekor baru dan akan berdampak pada sulitnya mencari pekerjaan di tengah perlambatan ekonomi di Cina yang berlangsung baru-baru ini,” ujar surat kabar Want China Times memberikan peringatan kepada pemerintah setempat. Namun ‘perlambatan’ di sini merupakan istilah relatif. Meskipun ekonomi yang berlangsung di Cina mengalami perlambatan, hal ini juga masih merupakan salah satu kekuatan Cina sebab dengan keadaan demikian Cina tetap dapat menyerap tenaga kerja dengan amat baik.


Bahkan menurut departemen setempat, The Chinese Ministry of Human Resources and Social Security (MHRSS), Cina menambahkan sekitar 4.730.000 pekerjaan secara keseluruhan dalam empat bulan pertama di tahun ini. Jumlah ini sedikit meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.


Berbicara mengenai tenaga kerja asing, Global Times mengisahkan seorang pekerja berusia 29 tahun asal Pakistan, Ejaz Karim. Sebelum datang ke Cina, Mr. Karim memiliki pengalaman bekerja tiga tahun di sebuah perusahaan wisata di rumahnya. Kini ia ingin memasuki industri manajemen hotel. “Perekonomian di Cina tumbuh lebih cepat daripada di negara saya,” ujar Mr. Karim. “Saya tahu bahwa pasar kerja menjadi lebih kompetitif seiring dengan meningkatnya jumlah orang asing yang datang ke Cina, tetapi saya percaya diri dapat bersaing di sini sebab adanya latar belakang internasional saya.”


Dalam hal ini, pemerintah Cina juga tak lupa mengambil langkah baru dalam membuka peluang kerja khusus bagi mahasiswa asing selama masa studi mereka berlangsung. “Hingga tahun lalu, mahasiswa Cina tidak diizinkan untuk bekerja paruh waktu atau magang saat mereka belajar. Beberapa pihak percaya bahwa kebijakan ini merupakan penyebab utama mahasiswa asing berhenti belajar di Cina, yaitu saat mereka kekurangan uang dan tak dapat bekerja,” ungkap Global Times. Para pengusaha diberikan denda hingga 10.000 yuan (atau sekitar $ 1.600) untuk setiap mahasiswa dan orang asing yang dipekerjakan secara ilegal. Orang asing tersebut juga akan menghadapi penyitaan serta kemungkinan penahanan sementara atau deportasi.


Meski demikian, pada Juli 2013 lalu pemerintah mengeluarkan kebijakan baru. Para siswa kini diperbolehkan untuk mengambil pekerjaan paruh waktu selama masa studi mereka, atau magang di luar kampus, asalkan mereka memiliki izin baik dari institusi mereka maupun lembaga otoritas imigrasi Cina.


Kesempatan kerja juga diperluas bagi mahasiswa asing. Hal ini tidak diragukan akan memainkan peran penting dalam memperkuat masuknya siswa asing ke Cina, khususnya bagi siswa dari negara-negara tetangga di Asia.

Author: Dini Savila


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dunia / Ketiga / Negara / Studi / Terbesar / Tujuan dengan judul "Cina, Negara Tujuan Studi Terbesar Ketiga di Dunia".http://soal2online.blogspot.com/2014/07/cina-negara-tujuan-studi-terbesar.html.

ARTIKEL TERKAIT: