Friday, July 25, 2014

Empat Siswa Wakili Indonesia di Olimpiade Kimia Internasional

Jakarta, Kemdikbud --- Setelah melalui seleksi berjenjang dari tingkat kabupaten/kota hingga nasional, empat siswa terbaik Indonesia melangkah ke olimpiade kimia internasional, International Chemistry Olympiad (IChO), di Hanoi, Vietnam. Keempatnya akan menjalani kompetisi tersebut pada 20-29 Juli 2014.

Empat wakil Indonesia ini adalah,Putu Ivan Budi Gunawan (SMAN 4 Denpasar Bali), James Surya (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta Barat), Wibie Christianto (SMAK BPK Penabur Gading Serpong, Tangerang Selatan), Abu Bakar Abdul Hamid (SMAN Sragen Bilingual Boarding School, Jawa Tengah).

Penyelenggaraan IChO ke 46 ini akan berlangsung di Hanoi University of Science, dan Hanoi University of Education, Vietnam. Hingga 2014, Indonesia telah 16 kali berpartisipasi dalam kompetisi dunia ini. Dan di penyelenggaraan tahun ini, Indonesia akan berkompetisi dengan peserta dari 75 negara dan dua negara observer (Oman dan Afrika Selatan).

Dalam proses seleksi, pemilihan siswa tidak hanya berdasarkan pertimbangan faktor kompetensi ilmu para calon peserta. Tapi juga dilakukan evaluasi tes psikologis untu memperoleh gambaran pribadi siswa yang akan dipilih. Setelah seleksi nasional melalui olimpiade sains nasional (OSN), 30 peserta pemenang medali diseleksi kembali.

Selama pelatihan, keempat wakil Indonesia ini diberi materi pelatihan yang disesuaikan dengan silabus teori dan praktikum untuk IChO 46. Dari silabus tersebut, sebagian besar tidak pernah diberikan di tingkat SMA di Indonesia.

Keberangkatan tim Indonesia ke Vietnam didampingi oleh tim Pembina dari Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan dari Direktorat Pembinaan SMA Kemdikbud. (Aline Rogeleonick)

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Empat / Indonesia / Internasional / Kimia / Olimpiade / Siswa / Wakili dengan judul "Empat Siswa Wakili Indonesia di Olimpiade Kimia Internasional".http://soal2online.blogspot.com/2014/07/empat-siswa-wakili-indonesia-di.html.

ARTIKEL TERKAIT: