Sunday, July 13, 2014

Hindari Instal Ulang Dengan Reset dan Refresh di Windows 8/8.1

Microsoft menyertakan fitur baru yaitu Reset dan Refresh pada sistem operasi terbarunya, Windows 8/8.1. Pilihan ini bisa dibilang merupakan solusi jitu untuk membuat Windows kembali ‘segar’. Fitur Refresh bisa kamu manfaatkan jika ingin membersihkan sistem operasi ke kondisi ‘sehat’ namun tetap menyimpan data serta pengaturan personalisasi yang sebelumnya telah dibuat. Kamu tidak perlu melakukan backup apapun saat menjalankan fitur ini karena proses refresh hanya akan mengembalikan semua pengaturan Windows ke posisi default. Dan segala data yang ada tetap tersimpan dengan aman. Sedangkan fitur Reset bisa dilakukan jika benar-benar ingin membersihkan sistem operasi dan mengembalikan kondisi Windows seperti saat pertama kali terpasang. Secara teori, prosesnya mirip dengan instalasi ulang, hanya saja prosesnya jauh lebih cepat. Disini segala personalisasi dan data akan terhapus. Berikut langkah dalam melakukan proses Refresh dan Reset:


Cara Refresh


Langkah 1:
Tekan tombol Windows+I dan pilih Change PC Settings. Cara ini berlaku pada mode Modern UI ataupun Desktop. Pada menu, pilih Update and recovery>Recovery.


Langkah 2:
Pilihan Refresh your PC without affecting your files. Sebelumnya, masukkan terlebih dahulu media simpan berisi file instalasi Windows 8/8.1 (bisa berupa flashdisk atau DVD). Klik Get Started untuk melanjutkan proses. Sistem akan mendeteksi terlebih dahulu dimana file master instalasi Windows 8/8.1 tersimpan. Jika kamu tidak memasukkan media simpan master instalasi, maka proses tidak bisa dilanjutkan dan akan tampil peringatan bahwa proses tidak bisa dilanjutkan.


Langkah 3:
Selanjutnya, akan ditampilkan konfirmasi serta penjelasan apa saja yang bakal dilakukan saat proses refresh. Klik Next dua kali, klik Refresh dan sistem akan melakukan restart hingga proses selesai.


Cara Reset


Langkah 1:
Caranya mirip dengan Refresh, hanya saja pada langkah kedua kamu mesti memilih Remove everything and reinstall Windows. Pastikan kamu sudah melakukan backup terhadap data-data penting karena proses ini akan menghapus semua data pada drive C. Dan jangan lupa masukkan media simpan berisi file instalasi Windows 8/8.1. Klik Get Started untuk melanjutkan.


Langkah 2:
Klik Next, dan berikutnya kamu bisa memilih apakah ingin menghapus file saja (Just Remove My Files) atau memformat harddisk (Fully clean the drive). Pilihan kedua tentu saja memakan waktu yang lebih lama dibanding pilihan pertama. Selanjutnya akan tampil konfirmasi kembali untuk melakukan reset Windows 8/8.1. Sistem akan melakukan proses instalasi ulang hingga selesai.



View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan / Hindari / Instal / Refresh / Reset / Ulang / Windows dengan judul "Hindari Instal Ulang Dengan Reset dan Refresh di Windows 8/8.1".http://soal2online.blogspot.com/2014/07/hindari-instal-ulang-dengan-reset-dan.html.

ARTIKEL TERKAIT: