Sunday, July 13, 2014

Ini Dia! Empat Wakil Indonesia di IBO 2014

Bali, Kemdikbud --- Empat siswa siswi terbaik bangsa di bidang biologi mewakili Indonesia dalam The 25th International Biology Olympiad (IBO) di Bali. Keempat siswa kebanggaan Indonesia ini sedang menanti hasil olimpiade biologi internasional yang telah berlangsung sejak 5 Juli lalu. Mereka adalah Kelvin Suriyaputra, Valentino Sudaryo, Hana Hanifin, dan Samuel Kurniawan.

Ingin Jadi Peneliti

Kelvin Suriyaputra, siswa kelas 12 SMAK 3 Penabur Jakarta, pertama kali mengikuti olimpiade sains tingkat kabupaten/kota (Jakarta Pusat) sebagai utusan sekolah. Dari olimpiade ini, Kelvin berhasil melaju ke olimpiade serupa di tingkat Provinsi DKI Jakarta. Tak berhenti disini, Kelvin akhirnya menembus olimpiade sains nasional (OSN) yang di tahun 2013 lalu diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat.
“Tahun lalu saya ikut OSN di Bandung. Dari sekolah mengirim lima orang untuk olimpiade tingkat kota, lalu lolos tiga orang untuk ikut tingkat provinsi, dan dua orang ke OSN,” kata Kelvin di selah-selah padatnya rangkaian kegiatan IBO di Bali, (5-13 Juli).
Perjalanan Kelvin di kancah olimpiade biologi terus merangkak naik. Setelah berkompetisi di OSN 2013, Kelvin bersama 29 peserta lainnya menjalani pelatihan nasional sebagai persiapan untuk mengikuti IBO 2014. Pelatihan nasional (Pelatnas) yang dijalani Kelvin berlangsung hingga empat tahap. Siswa yang gemar membaca apapun yang berkaitan dengan biologi ini akhirnya terpilih menjadi wakil Indonesia di IBO 2014.
Kelvin gemar menonton film dokumenter guna mengasah kemampuan otaknya. Rasa selalu ingin tahu yang dimilikinya menjadi awal baginya untuk mencapai cita-cita sebagai seorang peneliti. Lebih mulia lagi, ia ingin menjadi seorang guru.
Selama mengikuti rangkaian olimpiade ini, Kelvin mengaku mendapat dukungan terbesar dari teman-teman pelatihan seangkatan. Bermodal dukungan tersebut, Kelvin menargetkan untuk raih medali emas dalam IBO 2014.

Hidup Tidak Boleh Bermalas-malasan

Wakil kedua berasal dari pulau Kalimantan. Valentino Sudaryo, terpilih menjadi wakil Indonesia di IBO 2014 bersama Kelvin. Siswa kelas 12 SMA Tunas Bangsa Pontianak ini mematahkan stigma di masyarakat yang mengatakan anak dari luar jawa tak mampu bersaing dengan teman-temannya di pulau Jawa.

Selama mengikuti rangkaian olimpiade, Valentino mengaku mendapat dispensasi dari sekolah. Selain dispensasi nilai, dia juga diperkenankan mengikuti ujian susulan setelah pelatnas berakhir. Siswa kelahiran tahun 1997 ini memiliki cita-cita untuk melanjutkan pendidikannya ke negeri Paman Sam. Keinginannya tersebut tidak lain sebagai batu loncatan untuk mendalami bioteknologi. “Karena saya ingin bekerja di bidang bioteknologi, jadi peneliti,” katanya.

Sehari-hari Valentino beraktivitas seperti siswa lainnya. Main komputer dan basket adalah hobinya. Meskipun demikian, ia selalu berprinsip untuk tidak bermalas-malasan. “Semangat saya dari orang tua, keluarga, tim pembina, dan negara. Maka dari itu, either busy living or busy doing, because every man dies, but not every man lives,” ucapnya.

Jadi Tuan Rumah Itu ‘Deg-degan’

Kembali ke Semarang, siswi kelas 12 SMA Semesta Semarang ini menjadi satu-satunya wakil perempuan dari Indonesia. Sama seperti kedua temannya, Hana Hanifin menjadi wakil Indonesia di IBO 2014 setelah melalui serangkaian olimpiade dari tingkat kota hingga nasional.

Hana, demikian wanita ini disapa, bercita-cita ingin menjadi dokter kandungan. Untuk meraih cita-citanya, Hana ingin meneruskan kuliah di Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta.

Menurut Hana, menjadi tuan rumah penyelenggaraan olimpiade internasional membawa tantangan sendiri baginya. Ia harus bertarung dan mengerahkan kemampuan terbaiknya dalam kompetisi maupun dalam bergaul dengan peserta lainnya. Sebagi tuan rumah, tentunya ia harus bisa menjadi pemandu bagi teman-teman barunya.

“Jadi tuan rumah itu deg-degannya berkurang tapi ngga tau liat aja nanti,” katanya. Tantangan ini tidak membuat Hana patah arang. Dukungan yang besar dari orang tua selalu menguatkannya. “Mereka selalu mendoakan, ibu biasanya kasih semangat dan kata-kata sabar,’ katanya.

Dapat Semangat dari Semua Orang

Usia yang lebih muda dibandingkan peserta dari luar negeri tak menjadi pembatas untuk bergaul. Demikian pula bagi Samuel Kurniawan, wakil ke empat Indonesia di IBO 2014. Ia mengaku tetap menikmati perkenalannya dengan teman-teman baru dari berbagai negara yang rata-rata usianya satu tahun lebih tua darinya.

Siswa SMAK Penabur Gading Serpong ini juga ingin menjadi peneliti yang bekerja di laboratorium. Meski sering ketinggalan pelajaran karena mengikuti rangkaian olimpiade, Samuel tetap termotivasi untuk menyelesaikan pendidikanya. “Saya selalu dapat semangat dari semua orang. Apalagi di pelatihan selalu ada sesi motivasi, jadi selalu termotivasi,” katanya.

Siswa kelahiran tahun 1997 ini gemar bermain beramai-ramai dengan teman-temannya. Semoga, Samuel dan ketiga wakil Indonesia lainnya bisa mempersembahkan yang terbaik bagi bangsa dan negara Indonesia. Selamat berjuang! (Aline Rogeleonick/Arifah)

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Empat / Indonesia / Wakil dengan judul "Ini Dia! Empat Wakil Indonesia di IBO 2014".http://soal2online.blogspot.com/2014/07/ini-dia-empat-wakil-indonesia-di-ibo.html.

ARTIKEL TERKAIT: