Friday, July 25, 2014

Inilah Mengapa Finlandia Terbaik di Dunia dalam Pendidikan

By Atfan Hidayat on Jul 25, 2014

Berbicara mengenai sistem pendidikan, Finlandia adalah yang terbaik saat ini. Memang pendidikan di Finlandia juga terdapat banyak masalah. Namun terlepas dari adanya hal baik dan buruk, pendidikan di Finlandia diakui sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik dunia dan menjadi acuan bagi negara-negara lain. Lalu apa yang membuat pendidikan Finlandia terbaik? Hal-hal baik apa saja dari Finlandia yang bisa diterapkan di Indonesia? Berikut ada beberapa hal menarik yang dilakukan Finlandia dalam pendidikannya.


Memulai Sekolah


Rata-rata anak Finlandia baru sekolah saat berusia tujuh tahun. Berbeda sekali dengan di Indonesia yang anak-anaknya sudah dipaksa sekolah oleh orang tuanya saat masih balita. Padahal menurut Maria Montessori pekerjaan anak-anak adalah bermain. Panji Pragiwaksono juga punya pendapat yang hampir sama yakni bermain adalah belajar yang dilakukan secara sukarela.


Anak-anak di Finlandia tidak disekolahkan sebelum usia tujuh tahun karena dirasa memang belum waktunya serta membuat waktu bermain anak lebih banyak. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa golden age (usia emas) seorang manusia adalah saat usia lima tahun. Segala hal yang dilakukan anak lima tahun sebenarnya adalah belajar, termasuk bermain.


PR dan UN


Di Finlandia dari SD hingga SMA para pengajarnya tidak pernah memberikan PR kepada anak didiknya. Ujian semester serta ujian nasional juga tidak ada di Finlandia. Di negara tersebut hanya sekali saja dilakukan tes standar wajib, yakni saat siswa berusia 16 tahun. Jika di banyak negara termasuk Indonesia menganggap semakin banyak ujian akan meningkatkan kualitas pendidikan, sebaliknya menurut para guru di Finlandia terlalu banyak ujian hanya akan mengajarkan kepada siswa semata untuk lulus atau memenuhi standar nilai minimal saja.


Kualitas Guru


Profesi guru sangat dihormati di Finlandia, bahkan melebihi pengacara dan dokter. Semua orang yang ingin menjadi guru di Finlandia harus lulusan S2. Selain itu mereka harus termasuk dalam 10 besar lulusan terbaik di kampusnya. Para guru tersebut juga akan mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan kualitasnya. Itulah alasan utama pendidikan di Finlandia terbaik di dunia. Kualitas guru hampir selalu bisa menggambarkan kualitas sumber daya manusia yang dihasilkan nantinya.


Kemandirian Siswa dan Guru


Para siswa di Finlandia diberi keleluasaan untuk menentukan jadwal tes mata pelajaran yang menurut mereka sudah dikuasai. Bahkan sejak awal para siswa sudah diajarkan cara mengevaluasi diri mereka sendiri. Suasana sekolah-sekolah di Finlandia sangat fleksibel karena para siswa juga didorong untuk berusaha mencari sendiri informasi yang mereka butuhkan. Artinya tidak selalu berada di dalam kelas. Kemandirian seperti itu membuat para peserta didik di Finlandia merasa senang dalam proses pembelajaran karena tidak ada terlalu banyak perintah dan aturan.


Jika di Indonesia kurikulum ditentukan oleh pemerintah (Kemendikbud), di Finlandia para guru diberi keleluasaan untuk menyusun kurikulumnya sendiri. Guru dianggap sebagai pihak yang paling tahu keadaan siswa yang mereka didik. Kemampuan anak yang berbeda-beda juga menjadi alasan utama kebijakan tersebut. Jadi keberagaman kemampuan peserta didik itulah yang membuat penanganannya juga tidak sama.


Waktu Belajar


Finlandia adalah negara dengan waktu belajar paling sedikit di dunia. Alasan utamanya adalah supaya para siswa bisa punya lebih banyak waktu untuk mengembangkan dirinya sendiri. Bahkan para guru di Finlandia rata-rata hanya menghabiskan empat jam saja di kelas. Selain itu waktu sekolah di sana hanya sekitar 190 hari saja per tahun.


Sebaliknya, di Indonesia waktu sekolah per tahunnya bisa mencapai lebih dari 220 hari. Angka tersebut menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah hari belajar efektif tertinggi di dunia. Finlandia tidak percaya dengan anggapan bahwa semakin sering ke sekolah anak akan makin pintar. Mereka lebih percaya dengan pandangan semakin banyak libur anak akan semakin pintar.


Sumber referensi:


Esqsmartplus.com

Author: Atfan Hidayat


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Dalam / dunia / Finlandia / Inilah / Mengapa / Pendidikan / Terbaik dengan judul "Inilah Mengapa Finlandia Terbaik di Dunia dalam Pendidikan".http://soal2online.blogspot.com/2014/07/inilah-mengapa-finlandia-terbaik-di.html.

ARTIKEL TERKAIT: