Wednesday, July 16, 2014

Jalin Kerjasama Perekrutan Lulusan Bidikmisi dengan Dunia Industri, Ditjen Dikti Terima Penghargaan MURI

Jakarta—Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menerima penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) atas “Kerjasama Pertama Perekrutan Lulusan Program Bidikmisi antara Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan Eka Tjipta Foundation”. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Direktur MURI Jaya Suprana kepada Dirjen Dikti Djoko Santoso bertempat di Plaza Sinar Mas Jakarta (15/7). Penghargaan yang sama juga diserahkan kepada Eka Tjipta Foundation yang diterima oleh G. Sulistiyanto, Ketua Umum ETF.


Jaya Suprana mengapresiasi tinggi kerjasama yang dilakukan oleh Ditjen Dikti dan Eka Tjipta Foundation untuk memfasilitasi lulusan program Bantuan Pendidikan Bidikmisi yang berpotensi untuk dapat melamar dan direkrut oleh perusahaan-perusahaan Sinar Mas Group. Hal ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab pemerintah dan dunia industri terhadap lulusan perguruan tinggi.


“Biasanya Rekor MURI diminta (oleh orang/penyelenggara), namun untuk kali ini saya yang minta untuk boleh menganugrahkan rekor ini. Karena rekor ini betul-betul luar biasa “, ujar Jaya Suprana.


Dalam sambutannya Dirjen Dikti berharap agar kerjasama antara dunia pendidikan tinggi dan dunia industri dapat lebih ditingkatkan di waktu yang akan datang. Sehingga lulusan perguruan tinggi dapat terserap dengan baik di dunia kerja. Selain dalam hal perekrutan lulusan, potensi kerjasama lain yang dapat dikembangkan adalah dalam hal pengembangan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi. “Generasi muda kita yang ingin memulai bisnis sendiri dapat kita fasilitasi bersama-sama. Sehingga nanti ada cabang dalam foundation tersebut yaitu inkubator bisnis dan industri”, jelas Dirjen Dikti.


Eka Tjipta Foundation Sulistiyanto menyatakan bahwa melalui kerjasama ini Sinar Mas Group memberikan kesempatan yang lebih luas bagi lulusan Bidikmisi dengan minat dan kualifikasi sesuai untuk melamar pekerjaan di pilar bisnis Sinar Mas. ” Sinergi ini adalah langkah awal, karena Sinar Mas sendirian tidak akan mampu menyerap seluruh lulusan Bidikmisi yang ada. Kami berharap setelah ini akan lebih banyak lagi sektor industri yang terinspirasi untuk melakukan hal yang sama,” ujar Sulistiyanto.


Dalam kesempatan yang sama juga dilakukan peluncuran website rekrutmen lulusan Bidikmisi untuk Sinar Mas Group yang dapat diakses di laman www.bidikmisi.kemdikbud.go.id/mahasiswa , dimana para lulusan Bidikmisi bisa langsung mengisi formulir lamaran pekerjaan Sinar Mas Group.


Usai penyerahan piagam penghargaan MURI dan peluncuran website, lulusan Bidikmisi dari berbagai perguruan tinggi bersama peraih beasiswa Program Tjipta Sarjana Bangun Desa dari ETF mengikuti talkshow dengan narasumber Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Illah Sailah, G. Sulistiyanto dan Jaya Suprana. Setelah talkshow, peserta dapat menghadiri Job Fair Sinar Mas dimana setiap orang dapat melamar berbagai macam posisi di perusahaan Sinar Mas Group.


Program Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu namun secara akademis memenuhi persyaratan untuk melanjutkan pendidikan. Hingga tahun 2014, Ditjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberikan Bidikmisi kepada lebih dari 207.000 mahasiswa. (Firman Hidayat)


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

ARTIKEL TERKAIT: