Wednesday, July 16, 2014

Kemdikbud Koordinir Tiga Hal dalam Pembangunan Museum Kepresidenan

Jakarta, Kemdikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjadi koordinator dalam pembangunan Museum Kepresidenan yang akan berlokasi di Istana Bogor. Setidaknya Kemdikbud akan mengkoordinir tiga hal terkait pembangunan Museum Kepresidenan.

Pertama, Kemdikbud akan mengkoordinir museum secara keseluruhan koleksi, tata pamer, pengorganisasian alur kunjungan, fasilitas serta sarana dan prasarana. Kedua, pembuatan buku mengenai presiden pertama hingga keenam yang prosesnya sudah mencapai 90% dan siap naik cetak. Ketiga, film dokumenter mengenai sejarah dan kisah hidup presiden. Terdapat dua versi film yang disiapkan, yaitu versi pendek (3 menit) dan versi lengkap (50 menit).

Untuk membahas perkembangan pembangunan Museum Kepresidenan, Kemdikbud menggelar rapat koordinasi di Ruang Rapat Grha Utama Gedung Ki Hadjar Dewantara Kemdikbud, Jakarta, (15/07/2014). Rapat dipimpin oleh Wakil Mendikbud bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti. “Kita akan menentukan konsep tanda-tandanya seperti apa. Konsep ini akan sangat penting seperti saat kita menamai bagian-bagian dalam museum,” ujar Wiendu saat membuka rapat.

Peserta rapat yang hadir dalam rapat koordinasi antara lain perwakilan keluarga/relasi dari tiap-tiap presiden, staf Sekretariat Negara Republik Indonesia, sineas yang berpartisipasi dalam pembuatan film, koordinator penulisan buku, art director, seniman serta budayawan. Sedangkan hal-hal terkait teknis interior dan tata pamer museum akan dibicarakan dalam rapat internal. Diharapkan proses penataan Museum Kepresidenan dapat berjalan dengan lancar. (Desliana Maulipaksi/ Sumber: www.kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Dalam / Kemdikbud / Kepresidenan / Koordinir / Museum / Pembangunan dengan judul "Kemdikbud Koordinir Tiga Hal dalam Pembangunan Museum Kepresidenan".http://soal2online.blogspot.com/2014/07/kemdikbud-koordinir-tiga-hal-dalam.html.

ARTIKEL TERKAIT: