Thursday, July 17, 2014

Keren, Indonesia Punya Data Center Tier IV Design

 Marina Budiman (Presiden Direktur DCI Indonesia) menerima sertifikasi Tier IV Design dari Uptime Institute dari Patrick Chan (Uptime Institute Director of Business Development South East Asia).


JAKARTA, PCplus – Sebuah data center dituntut untuk memiliki waktu down time seminimal mungkin, dan kalau bisa mendekati 0%.  Agar standar, lembaga sertifikasi independen seperti Uptime Institute akan melakukan sertifikasi tentang ketersediaan uptime tersebut.


Sertifikasi dengan level tertinggi adalah Tier 4.  Pada tier-4, berarti uptime-nya mencapai 99,995%. Di bawah itu ada tiga level lainnya, yakni tier 3 (99,982%), tier 2 (99,741%) dan tier 1 (99,671%).


Di Indonesia, mayoritas data center berada di tier 2 dan 3. Namun sudah ada yang masuk ke tier 4 Design, yakni Data Center Infrastructure (DCI) Indonesia. DCI Indonesia bahkan menjadi data center pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang mendapat sertifikasi Tier 4 Design dari Uptime Institute.


DCI Indonesia mengatakan tingkat ketersediaannya adalah 99,999%, atau hanya down 5 menit dalam satu tahun. Tingkat ketersediaan yang tinggi itu tercapai karena PT DCI Indonesia merancang infrastruktur data center dengan menggunakan sumber daya listrik secara redundant. Jika salah satu sumber daya listrik mengalami kegagalan, sumber daya listrik lainnya secara otomatis dapat memenuhi pasokan daya yang dibutuhkan. Selain itu perangkat terkait mekanikal dan elektrikal tidak ditempatkan di satu lokasi yang sama. Jadi jika terjadi bencana di salah satu lokasi sumber daya listrik, perangkat lain masih dapat berfungsi dengan baik.


“Pelanggan PT DCI Indonesia yang memiliki latar belakang dari sektor finansial, telekomunikasi, cloud computing, e-payment serta minyak dan gas, menuntut layanan data center dengan tingkat ketersediaan layanan (availability) yang semakin tinggi agar operasional mereka dapat terus berjalan tanpa gangguan. Sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi positif yang tinggi serta peningkatan jumlah kepemilikan perangkat teknologi yang cukup pesat, Indonesia membutuhkan layanan data center yang prima,” kata Lucas Adrian, Operation Manager PT DCI Indonesia dalam rilis persnya.



View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Center / Design / Indonesia / Keren / punya dengan judul "Keren, Indonesia Punya Data Center Tier IV Design".http://soal2online.blogspot.com/2014/07/keren-indonesia-punya-data-center-tier.html.

ARTIKEL TERKAIT: