Friday, July 25, 2014

Kerja Sama Australia dan Indonesia dalam Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah

By Sabiluna on Jul 23, 2014


Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melakukan kerja sama dengan pemerintah Australia melalui Australia’s Education Partnership with Indonesia (AEPI). Kerja sama ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya memimpin sekolah. Program kerja sama ini bernama Pengembangan Keprofesian Tenaga Kependidikan (Professional Development for Education Personnel/ProDEP).


Kepala Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP), Syawal Gultom, mengatakan seperti yang dikutip dalam website prodep.tendik.net, “Kalau operasional di sekolah mau efektif, unsur-unsur di daerah seperti kepala sekolah, pengawas, dan guru, serta orang-orang yang langsung mengurus pendidikan di daerah harus punya visi dan misi yang sama,” ujarnya saat pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Program ProDEP di Jakarta.


Kerja sama ini telah ditandatangani kesepakatannya pada tahun 2013. Pada 2 Juli 2014, Program ProDEP mulai dilaksanakan oleh BPSDMPK Kemdikbud. Selama bulan Juli sampai Agustus 2014 berbagai kegiatan sosialisasi program hingga seleksi peserta dilaksanakan oleh LPMP dan P4TK se-Indonesia. Program ini bertujuan agar sistem nasional tenaga kependidikan dapat dikembangkan oleh Pemerintah Indonesia melalui pelatihan tenaga kependidikan. ProDEP tidak dipungut biaya apapun namun kuota untuk peserta program dibatasi, sehingga hanya orang-orang yang telah lulus seleksi yang bisa mengikutinya.


Ada empat program yang dilaksanakan dalam program ProDEP, yakni:

Program Pengembangan Kapasitas Pendidikan Pemerintah Daerah (PPKPPD) di Kabupaten/Kota and Provinsi.Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS).Program Pendampingan Kepala Sekolah oleh Pengawas Sekolah/Madrasah (PPKSPS).Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah/Madrasah (PKB KS/M).

Setelah mengikuti pelatihan diharapkan para peserta program ProDEP dapat mengelola sekolah dengan lebih baik. Para calon peserta yang mengikuti program ini menggunakan sistem PADAMU NEGERI untuk pengajuan dan seleksi. Sistem Padamu Negeri adalah singkatan dari Pangkalan Data Penjaminan Mutu Pendidikan Negara Kesatuan Republik Indonesia. PADAMU NEGERI merupakan layanan sistem informasi online yang dimiliki oleh Kemdikbud, dibangun sebagai pusat layanan data terpadu antar Kemdikbud kabupaten/kota, provinsi dan pusat agar bersinergi dalam pelayanan dan data. Program ini akan berjalan hingga tahun 2016 dengan sasaran 250 kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia.


Sumber:


http://www.kemdiknas.go.id


http://prodep.tendik.net

Author: Sabiluna


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Australia / Dalam / Indonesia / Kepala / Kerja / Kinerja / Meningkatkan / Sekolah dengan judul "Kerja Sama Australia dan Indonesia dalam Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah".http://soal2online.blogspot.com/2014/07/kerja-sama-australia-dan-indonesia.html.

ARTIKEL TERKAIT: