Friday, July 25, 2014

Mantapkan Implementasi Kurikulum 2013, Mendikbud Lakukan Koordinasi Melalui Konferensi Video

Jakarta, Kemdikbud --- Jelang dimulainya Tahun Pelajaran 2014/2015 yang secara efektif akan dilaksanakan pada 4 Agustus 2014, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, melakukan koordinasi lebih lanjut dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) se-Indonesia. Koordinasi ini dilakukan melalui konferensi video di ruang situasi (Situation room) Kemdikbud, Selasa (22/07/2014).

“Mari kita semua, baik pemerintah pusat, LPMP dan dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota untuk bersama-sama mempersiapkan kurikulum 2013 di tahun pelajaran baru,” tutur Mendikbud dala konferensi video tersebut.

Mendikbud mengingatkan kepada para kepala LPMP dan kepala dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota dapat memastikan kembali guru-guru yang masih belum dilatih agar segera dilatih. Dalam kesempatan tersebut, Mendikbud juga menyampaikan tiga hal tentang pengadaan buku.

“Pertama, Compact Disk (CD) sudah kami bagikan ke dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota. Pastikan apakah CD tersebut sudah diterima dengan baik,” kata Mendikbud.

Kedua, Mendikbud menginstruksikan kepada para kepala dinas pendidikan, untuk mengantisipasi buku belum tersedia di sekolah sampai dengan 4 Agustus 2014, maka CD yang sudah diberikan dapat dicetak. Namun tidak semua isi mata pelajaran dicetak keseluruhannya, tetapi jumlah halaman disesuaikan dengan waktu tibanya buku dari pengada.

“Dana yang digunakan dalam mencetak buku dari CD, yaitu menggunakan dana BOS. Dirjen Dikdas dan Dirjen Dikmen sudah mengeluarkan surat edaran, apabila buku belum sampai hingga bulan Agustus diperbolehkan menggandakan sejumlah halaman tertentu dengan menggunakan dana BOS,” ujar Mendikbud.

Apabila CD belum diterima, Mendikbud mengatakan, dapat diunduh di laman rumah belajar http://bse.kemdikbud.go.id/index.php/buku/kurikulum2013. Mendikbud juga mengajak untuk memonitor sekolah yang belum menerima dana bansos buku yang masuk di dalam dana dekonsentrasi, dan memastikan sekolah sudah menerima. Sehingga sekolah dapat membeli buku dengan dana bansos buku maupun BOS.   

 Ketiga, Mendikbud mengajak para kepala dinas pendidikan dan kepala LPMP untuk memantau perjalanan jumlah buku yang sudah dikirim ke provinsi, kabupaten/kota, hingga ke sekolah. “Saya sangat berterima kasih kepada bapak dan ibu, sekaligus mengajak dalam kurun waktu satu minggu kedepan disela liburan untuk memantau pengiriman buku dan pelatihan guru,” katanya. (Seno Hartono)

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Implementasi / Konferensi / Koordinasi / Kurikulum / Lakukan / Mantapkan / Melalui / Mendikbud / Video dengan judul "Mantapkan Implementasi Kurikulum 2013, Mendikbud Lakukan Koordinasi Melalui Konferensi Video".http://soal2online.blogspot.com/2014/07/mantapkan-implementasi-kurikulum-2013.html.

ARTIKEL TERKAIT: