Wednesday, July 16, 2014

Mawapres Modal Terwujudnya Indonesia yang Mandiri

Kuta, 12 Juli 2014-“AFTA (ASEAN Free Trade Area-red) 2015 di depan mata, akan banyak professional dari luar negeri. AFTA menuntut kita untuk lebih siap dan professional,” pesan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Djoko Santoso pada para mahasiswa dalam malam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) 2014 di Hotel Grand Inna Kuta, Bali.


Mawapres yang tahun ini bertema “Indonesia yang Mandiri” terus ditingkatkan kualitasnya dalam rangka memberikan motivasi berprestasi di kalangan mahasiswa dan menciptakan iklim akademik yang kondusif. Seperti tahun lalu, kali ini Pemilihan Mawapres diselenggarakan dalam dua kelompok pemilihan, yaitu Mawapres Program Sarjana dan Mawapres Program Diploma. Perbedaan penyelenggaraan terutama terletak pada kriteria, prosedur pemilihan dan cara penilaian.


“Sulit Sekali menentukan pemenang,” ujar Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dir. Belmawa) Ditjen Dikti Illah Sailah. Semua peserta memiliki kompentensi yang hampir sama. Pemilihan yang berlangsung sejak tahun 2004 ini, telah terbukti memberikan dampak positif pada budaya menghargai prestasi dan karya mahasiswa di kalangan perguruan tinggi. “Pemilihan Mawapres tetap harus diadakan siapapun Menteri dan Dirjen,” tambah Illah.


“Saya datang dari Tanjung pinang, banyak yang mencibir ketika saya berkeinginan untuk kuliah di Universitas Indonesia (UI),” ujar Mawapres Program Sarjana dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI), Andhika Putra Sudarman sambil menitikkan air mata. Andhika sangat bangga akhirnya dapat membuktikan bahwa anak dari kota kecil juga mampu menorehkan prestasi. Ia mengajak teman-temannya untuk terus berusaha dan berkarya walaupun banyak aral yang melintang.


Ajang ini sejalan dengan visi pengembangan kemahasiswaan yaitu “Mahasiswa Indonesia Cerdas Komprehensif dan Kompetitif”. Proses pemilihan ini dapat diadopsi menjadi sebuah sistem pembinaan prestasi di perguruan tinggi. Dengan begitu, visi pengembangan kemahasiswaan nasional dapat terwujud.


Daftar Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) 2014


Program Sarjana

Andhika Putra Sudarman (Universitas Indonesia)Fauzan Reza Maulan (Institut Teknologi Bandung)Vania Santoso (Universitas Airlangga)

Program Diploma

Moch. Machrus Adhim (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)Gina Maulidawati (Politeknik Negeri Bandung)Nova Agustina Dewi (Politeknik Negeri Bali)

Penghargaan Khusus: Dokter Pulau


Nurul Fajriah Afiatunnisa (Universitas Pattimura)


Berita Acara Mawapres 13-14 Juli 2014 Denpasar


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Indonesia / Mandiri / Mawapres / Modal / Terwujudnya dengan judul "Mawapres Modal Terwujudnya Indonesia yang Mandiri".http://soal2online.blogspot.com/2014/07/mawapres-modal-terwujudnya-indonesia.html.

ARTIKEL TERKAIT: