Friday, July 25, 2014

Mendikbud: Hadapi Tantangan Masa Depan dengan Kerja Keras, Kerja Sama dan Kerja Cerdas

Jakarta, Kemdikbud --- Perguruan tinggi setidaknya memiliki tiga tantangan besar yang harus dihadapi, yaitu persaingan global, pemanfaatan sumber daya, dan kompleksitas persoalan yang meningkat. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, ada tiga cara untuk menghadapi tantangan tersebut, yaitu dengan kerja keras, kerja sama dan kerja cerdas.

“Tidak ada ceritanya bangsa yang maju, orang yang berhasil, tanpa kerja keras,” ujarnya saat memberikan sambutan di acara pelantikan rektor dan direktur politeknik, di Graha Utama Kemdikbud, Jakarta, (25/07/2014).

Kerja sama, katanya, juga dibutuhkan dalam mengembangkan perguruan tinggi. Sedangkan kerja cerdas diperlukan untuk memanfaatkan sumber daya yang dimiliki perguruan tinggi, yaitu capital knowledge, atau sumber daya pengetahuan.

Dengan mengetahui tantangan di masa depan dan cara menghadapinya, diharapkan perguruan tinggi dapat menciptakan lulusan yang mampu bersaing. Apalagi perguruan tinggi menjadi lembaga pendidikan dengan sirkulasi sumber daya manusia yang terdidik dan terpelajar. “Sirkulasi normal tapi realitas faktanya sakit-sakitan, berartia da apa-apa. Tugas kita adalah meniadakan apa-apa itu,” kata Mendikbud.

Ia berharap, perguruan tinggi dapat memanfaatkan sumber daya dan kesempatan yang dimiliki dengan semaksimal mungkin untuk dapat memberikan kesejahteraan kepada rakyat serta menaikkan harkat dan martabat bangsa. “Selamat berjuang dan sukses selalu. InsyaAllah Tuhan bersama kita,” ucapnya di hadapan puluhan orang yang hadir dalam pelantikan pimpinan perguruan tinggi.

Pagi tadi, Jumat (25/07/2014), Mendikbud melantik tiga pimpinan perguruan tinggi, yaitu:

Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc., DEA., sebagai Rektor Universitas Sam Ratulangi periode tahun 2014-2018.Prof. Dr. Ir. Frans Gruber Ijong, M.Sc., sebagai Direktur Politeknik Negeri Nusa Utara periode tahun 2014-2018.Nurwahidah Jamal, S.T., M.T., sebagai Direktur Politeknik Negeri Balikpapan.(Desliana Maulipaksi)

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori cerdas / dengan / Depan / Hadapi / Keras / Kerja / Mendikbud / Tantangan dengan judul "Mendikbud: Hadapi Tantangan Masa Depan dengan Kerja Keras, Kerja Sama dan Kerja Cerdas".http://soal2online.blogspot.com/2014/07/mendikbud-hadapi-tantangan-masa-depan.html.

ARTIKEL TERKAIT: