Wednesday, July 16, 2014

Mendikbud: Kurikulum 2013 Dorong Kebangkitan Indonesia

Jayapura, Kemdikbud --- Ingin membuat Indonesia menjadi negara besar melatarbelakagi dikembangkannya Kurikulum 2013. Para analis memperkirakan, akan terjadi kebangkitan Asia di abad ini.

"Hal itu dapat terwujud apabila sumber daya manusianya memenuhi tiga kompetensi,  yaitu kompetensi pengetahuan, keterampilan,  dan sikap," demikian diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, dalam acara peluncuran kurikulum 2013 di Sasana Krida, kantor Gubernur Papua,  Selasa (15/07/2014).

Mendikbud mengatakan, Indonesia terletak di Asia dan memiliki potensi yang luar biasa, yaitu bersatunya antara potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia. Apabila dua sumber daya itu bersatu, maka pada saat 100 tahun Indonesia merdeka akan muncul kedashyatan Indonesia.

Melihat hal itu, kata Mendikbut, maka esensi dari Kurikulum 2013 adalah membangun anak-anak Indonesia untuk memiliki tiga kompetensi tersebut. Kompetensi sikap yang ingin dibangun adalah membangun lima karakter dasar, terdiri dari karakter jujur, karakter kasih sayang atau cinta kasih, karakter disiplin, karakter bersih, dan karakter toleransi.

"Lima karakter dasar tersebut akan sempurna apabila ditambahkan dengan cinta dan bangga menjadi orang Indonesia. Indonesia harus jaya dan sukses," katanya. (Seno Hartono)

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dorong / Indonesia / Kebangkitan / Kurikulum / Mendikbud dengan judul "Mendikbud: Kurikulum 2013 Dorong Kebangkitan Indonesia".http://soal2online.blogspot.com/2014/07/mendikbud-kurikulum-2013-dorong.html.

ARTIKEL TERKAIT: