Thursday, July 10, 2014

Olimpiade MIPA SD Nasional Ajak Siswa Hemat Energi

By Novita Kusumaningrum on Jun 28, 2014
Untuk membangkitkan listrik membutuhkan bahan bakar batu bara dan semacamnya, biayanya tidak sedikit, sangat mahal. Oleh karenanya manusia harus berhemat dalam penggunaan listrik, jangan sembarangan. Tuhan memberikan Bahan Bakar Minyak (BBM) tapi tidak banyak sehingga harus dijaga keberadaannya.

Indonesia punya 3,7 miliar barel untuk 250 juta orang di Indonesia, sangat kurang, jadi masih harus impor banyak dari luar negeri untuk mencukupi kebutuhan. Bandingkan saja dengan Venezuela, 300 miliar barel untuk 50 juta orang. Demikian paparan Wakil Menteri (Wamen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ir. Susilo Siswoutomo, dalam keynote speech pembukaan Olimpiade MIPA SD Nasional di Taman Pintar, Yogyakarta, Jumat (20/6/14).


Susilo mengajak puluhan siswa SD yang hadir dalam acara itu, untuk melakukan penghematan energi. “Kalau TV tidak ditonton sebaiknya ya dimatikan saja. Sekarang masih banyak saudara kita yang belum menikmati aliran listrik, jadi gunakan seperlunya. Kalau kita sekarang tidak berhemat, maka generasi penerus akan kehabisan energi yang tidak dapat diperbarui. Kalau kalian ke sekolah tidak perlu memakai motor sendiri-sendiri, ajak teman-teman jalan kaki atau naik kendaraan umum bersama-sama,” ujar Susilo.


Ia menyampaikan, saat ini pemenuhan kebutuhan energi dilakukan melalui pemanfaatan energi alternatif yang didapatkan dari kotoran sapi, energi air, angin dan semacamnya. Siswa perlu mendapatkan pembelajaran mengenai pemanfaatan energi alternatif ini sehingga mereka dapat menjadi bagian dari solusi permasalahan energi. “Sebagai alternatif pembangkit listrik, digunakan energi air. Kini tengah diusahakan pengembangan energi baru dan terbarukan, salah satunya untuk peralihan LPG kepada biogas yang berasal dari kotoran sapi,” terang Susilo.


Wamen ESDM berpesan agar para siswa rajin dan tekun belajar agar dapat menemukan inovasi-inovasi baru sebagai jawaban dari kebutuhan energi. Ia juga berpesan kepada siswa jika 40 tahun mendatang menjadi pemimpin, jadilah pemimpin yang bebas dari korupsi. Sebelum mengakhiri paparannya, Wamen ESDM sempat menjawab beberapa pertanyaan dari siswa.


Ketua panitia Himmatul Hasanah mengungkapkan, olimpiade ini terselenggara berkat kerja sama Yayasan Adiluhung Nusantara dan Kementerian ESDM. Himma menyebut olimpiade ini berbeda dari biasanya, sebab peserta tidak hanya mengerjakan soal MIPA namun juga membuat percobaan alat penghasil energi alternatif dengan bahan yang telah disediakan oleh panitia. Peserta juga mendapatkan soal penyelesaian masalah, analogi, dan penalaran.


Acara yang berlangsung selama tiga hari (20-22/6/14) di Taman Pintar Yogyakarta ini, bertujuan untuk meningkatkan minat belajar Matematika dan IPA kepada siswa SD. “Selama ini Matematika menjadi momok bagi siswa, untuk itu kami mencoba mengemas acara ini dengan menarik dan menyenangkan. Matematika merupakan ilmu dasar yang perlu dikuasai oleh manusia, sebab apa pun yang akan kita kerjakan pasti berkaitan dengannya,” ujar Himma. Pada pelaksanaan kali pertama ini diangkat tema Go Green, sebab pihak penyelenggara berharap matematika mampu turut menyelesaikan masalah lingkungan yang kini tengah dihadapi.


 


Sedikitnya 17 tim dari SD di berbagai wilayah di Indonesia turut berpartisipasi dalam acara tersebut. Masing-masing tim yang terdiri dari tiga orang akan mendapatkan medali, baik yang meraih predikat juara maupun tidak, hal tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada mereka yang nantinya akan menjadi Duta Hemat Energi setelah kembali ke daerah masing-masing.


Acara dibuka dengan Art For Children Ansamble (AFC) dan pemutaran film animasi karya dalam negeri ”Pulau Bintang” yang mengajak pemirsanya untuk lebih sadar akan perlunya penghematan energi. Dalam kesempatan itu Wamen ESDM juga mendapatkan kenang-kenangan dari panitia berupa lukisan wajah yang dibuat dalam waktu singkat saat memberikan paparan di hadapan puluhan siswa.

Author: Novita Kusumaningrum


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Energi / Hemat / Nasional / Olimpiade / Siswa dengan judul "Olimpiade MIPA SD Nasional Ajak Siswa Hemat Energi".http://soal2online.blogspot.com/2014/07/olimpiade-mipa-sd-nasional-ajak-siswa.html.

ARTIKEL TERKAIT: