Sunday, July 13, 2014

Rupiah Melemah, Electronic Solution tetap Ekspansi

JAKARTA, PCplus – Belakangan ini pasar elektronik di tanah air melesu. Untungnya kurs rupiah yang turun 12,3% selama dua bulan terakhir, tutur Willy Sutanto (Head of Marketing, Electronic Solution) dalam acara buka puasa bersama di Jakarta pekan lalu, tidak membuat penjualan menurun drastis. “Nilai jual barang stabil karena banyak pabrikan ada di sini.


Namun (harga) akan naik bila dolar melemah di atas 15%,” kata Willy. Willy mengatakan, seharusnya pada kurun Februari – Mei 2014, grafik penjualan produk elektronik meningkat signifikan. Apalagi bulan Juni – Juli ini ada Piala Dunia yang biasanya mampu mendongkrak penjualan TV. Namun fakta di lapangan tidak begitu. “Tahun ini TV LED tidak terlalu banyak dibeli. Justru turun di kurun Januari – April. TV tabung masih naik sedikit,” ungkap Willy. “Semua tunggu Pilpres,” tambahnya.


Beruntung, penjualan mesin cuci di gerai-gerai Electronic Solution tidak anjlok. Namun juga tidak meningkat secara tajam seperti lazimnya jelang Lebaran. “Padahal harusnya naik saat pembantu mulai pulang,” kata Willy. Namun Willy mengatakan masih ada peluang untuk menaikkan pangsa pasar Electonic Solution, yakni dengan melengkapi jajaran produk, utamanya yang berteknologi baru sehingga berbeda dengan tawaran di pasar tradisional.


Kendati pasar lesu, Electronic Solution (ES) bertekad untuk tetap menambah jumlah gerainya di seluruh Indonesia. Tahun lalu, 2013, ES tumbuh signifikan dengan membuka 14 toko baru. “Biasanya per tahun kami buka 12 – 13 toko,” ungkap Willy. Namun melihat kondisi pasar, tahun ini ES akan sedikit mengerem laju ekspansinya. “Kami harap bisa buka 6 – 8 toko dengan 15 – 17 kota yang akan diekspansi,” tutur Willy.


Kendati lebih berkonsentrasi di area barat, ES juga berminat ekspansi ke Indonesia Timur. Saat ini di Indonesia Timur, ES memiliki satu toko di Gorontalo, dan tiga di Makassar. “ Indonesia Timur perlu waktu 3 – 4 tahun ke depan,” kata Willy. “Dari sisi logistik harus dilihat apakah pemasok punya cabang (di sana). Jika tidak, akan sulit karane akan sulit sediakan after sales service,” jelasnya.



View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ekspansi / Electronic / Melemah / Rupiah / Solution / Tetap dengan judul "Rupiah Melemah, Electronic Solution tetap Ekspansi".http://soal2online.blogspot.com/2014/07/rupiah-melemah-electronic-solution.html.

ARTIKEL TERKAIT: