Monday, July 14, 2014

Signglasses Si Kacamata Pintar Bagi Tuna Rungu

By Ratna Zulfarosda on Jul 12, 2014

www.lintas.me

Ada yang pernah dengar Google Glass? Ya, Google Glass adalah kacamata yang bisa beroperasi seperti komputer. Google Glass punya banyak fungsi yang berhasil menarik perhatian publik seperti merekam video, chatting, menerjemahkan kata, dan navigasi. Perbedaan dasar antara komputer dan Goolge Glass ini adalah layar untuk menampilkan informasi. Komputer menampilkan informasi dari layar/monitor. Sedangkan pada Google Glass, informasi ditampilkan melalui lensa optik sehingga mata dapat melihat informasi seperti melihat proyektor.

Google Glass tidak hanya dapat beroperasi seperti komputer, tetapi juga dapat terkoneksi dengan internet. Google Glass dikembangkan dengan menggunakan layar pasang optik (Optical Head-Mounted Display). Karena berbentuk kacamata, maka Google Glass ini dikategorikan sebagai komputer bisa pakai (wearable computer). Informasi yang ditampilkan mirip seperti smartphone pada umumnya dan dapat terhubung ke internet hanya dengan perintah suara.

Berdasarkan konsep Google Glass ini, Profesor Mike Jones dari Bringham Young University menyelenggarakan proyek Signglasses. Proyek ini khusus didedikasikan untuk siswa tunarungu. Sering kali siswa tunarungu mengalami kesulitan saat mengikuti tur di planetarium. Mereka tertinggal dari kelompok tur karena kondisi planetarium yang gelap. Kondisi ruangan yang terang pun tidak menjadi solusi tepat karena peragaan perbintangan dari proyektor menjadi tidak terlihat dengan jelas.

Perlu diketahui bahwa indra penglihatan pada orang tunarungu bereaksi lebih cepat dibandingkan orang normal. Berdasarkan penelitian Dr. Charlotte Codina yang dipublikasikan di jurnal Development Science, penglihatan seorang tunarungu lebih fokus dibandingkan orang normal setelah usia 11 atau 12 tahun. Hal tersebut didukung dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Stephen Lomber dari The Centre for Brain and Mind, University of Western Ontario. Hasil penelitian menunjukkan bagian otak yang berfungsi dalam mengatur dan merespon aktivitas pendengaran dialihfungsikan untuk aktivitas penglihatan. Inilah alasan mengapa penyandang cacat tunarungu memiliki indra penglihatan yang bereaksi lebih cepat dibandingkan dengan orang normal.

Profesor Mike Jones mengadaptasi Google Glass dan dikembangkan menjadi Signglasses. Seperti halnya Google Glass, Signglasses memproyeksikan tampilan yang berasal dari lensa optik terpasang pada frame kacamata bagian kanan. Hal unik pada Signglasses yakni terdapat tampilan narator ASL (American Sign Language). Hal tersebut memudahkan siswa tunarungu menerima informasi mengenai penjelasan tur dalam bentuk bahasa isyarat. Sehingga, kondisi planetarium yang gelap tidak akan menjadi halangan untuk mengikuti tur dari awal hingga akhir.

Proses pengerjaan Signglasses melibatkan Profesor Jones dengan beberapa mahasiswa tunarungu dan fasih dalam bahasa isyarat. Tahap uji coba Signglasses ini dilakukan kepada murid SMA Jean Messieu School (sekolah khusus penyandang tuna rungu). Bagian dari hasil uji coba tersebut menyebutkan bahwa seharusnya tidak hanya tampil narator ASL saja, tetapi juga video peraga perbintangan. Selain itu, Profesor Jones memunculkan satu ide lagi yang dapat diterapkan pada Signglasses. “Seperti saat kita membaca buku dan tiba-tiba ada satu kata yang tidak dimengerti, lalu kita menunjuknya dengan menekan suatu tombol dan selanjutnya kamus akan memberi penjelasan lebih lanjut”, kata Profesor Jones. It’s awesome!

Sebagai teknologi baru, Signglasses sangat potensial untuk dikembangkan khususnya untuk peragaan di planetarium. Signglasses diharapkan dapat meningkatkan persentase “melek huruf” dalam hal ilmu perbintangan. Dari segi harga, belum ada kepastian berapa harga Signglasses. Namun sebagai pembanding, saat ini Google Glass dijual seharga US$ 1.500 atau sekitar Rp 14 juta. Meski terbilang mahal, namun tidak ada salahnya mengembangkan suatu teknologi yang dapat membantu para penyandang cacat untuk melakukan aktivitas seperti orang normal.

Author: Ratna Zulfarosda


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kacamata / pintar / Rungu / Signglasses dengan judul "Signglasses Si Kacamata Pintar Bagi Tuna Rungu".http://soal2online.blogspot.com/2014/07/signglasses-si-kacamata-pintar-bagi.html.

ARTIKEL TERKAIT: