Thursday, July 10, 2014

Tips Bagi Orang Tua dan Anak Dalam Memilih Sekolah

By Atfan Hidayat on Jun 25, 2014

Dahulu mungkin banyak orang yang hanya mendengar adanya sekolah negeri dan swasta saja. Namun kini ragam sekolah semakin bervariasi. Mulai dari sekolah unggulan, sekolah internasional, sekolah berbasis agama, sekolah bilingual, sekolah alam, sekolah kawasan, dan lain sebagainya. Semakin banyaknya pilihan sekolah seperti itu membuat seorang anak maupun orang tuanya menjadi lebih bingung. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh anak dan orang tua dalam memilih sekolah.


Hak Memilih
Dalam memilih sekolah, baik anak maupun orang tua punya hak pilih yang sama. Anak punya hak karena yang akan sekolah adalah mereka. Sedangkan di sisi lain orang tua adalah pihak yang akan memenuhi segala fasilitas yang dibutuhkan anak selama mereka sekolah. Hal mendasar ini harus disadari kedua pihak sebelum berdiskusi tentang faktor lain dalam memilih sekolah.


Kualitas
Sekolah di tempat yang kualitasnya terbaik memang bukan merupakan sebuah jaminan mutlak seorang anak akan berprestasi nantinya. Namun harus diakui bahwa semakin baiknya kualitas suatu sekolah, semakin besar pula peluang melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh sebab itu, wajib hukumnya untuk mengetahui kualitas suatu sekolah.


Dalam faktor ini orang tua harus lebih dominan dalam mencari informasi mengenai hal tersebut daripada anak, terutama untuk tingkat SD dan SMP. Maksudnya, dengan cara berpikir, pengalaman, serta pengetahuan yang lebih luas, orang tua seharusnya lebih bisa menyeleksi sekolah-sekolah yang berkualitas.


Perlu disadari juga bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk sekolah. Artinya, setiap sekolah pasti punya keunggulan masing-masing. Sama seperti sekolah, setiap anak juga punya keunikan sendiri-sendiri. Oleh sebab itu hal terpenting dalam menilai kualitas sebuah sekolah bagi orang tua adalah bukan hanya sekadar melihat akreditasinya saja, melainkan dengan mencari tahu apakah sekolah yang bersangkutan dapat menjadi tempat berekspresi bagi sang anak atau tidak. Misalnya, jika seorang anak suka sekali dengan dunia tulis-menulis, buku, puisi, dan segala hal yang berkaitan dengan sastra katakanlah, sekolah yang dibutuhkan adalah yang mampu memberikan fasilitas untuk mengembangkan minat tersebut.


Guru
Dengan kendaraan yang kualitasnya setara, Valentino Rossi pasti akan mengendarai kendaraan tersebut lebih cepat dan lebih baik daripada orang biasa (bukan pembalap). Artinya, kualitas manusia sangat berpengaruh dalam menjalankan sesuatu. Hal yang sama juga berlaku dalam lingkungan sekolah. Sebagus apapun kurikulum, visi misi, dan segala program yang dibuat serta selengkap apapun fasilitas yang tersedia kalau gurunya tidak berkompeten tentu akan sia-sia.


Namun hal itu bukan berarti mengabaikan mengenai kelengkapan fasilitas sekolah. Ketersediaan fasilitas dalam pembelajaran tentu juga punya andil yang tidak kalah besarnya. Tetapi sekolah yang baik tidak harus selalu yang bangunannya bagus dan alat-alatnya serba lengkap melainkan yang bisa mendorong kemandirian serta mengembangkan kemampuan sosial maupun kematangan emosi anak. Guru juga bisa menentukan mood anak dalam kelas. Jika gurunya bisa mengetahui dan memahami kondisi para siswanya serta tahu bagaimana harus memperlakukannya, anak tentu memperhatikan dan mendengar segala sesuatu yang disampaikan.


Visi Misi
Mengetahui visi dan misi sekolah juga hal yang tidak boleh dilupakan. Hendaknya sekolah yang dipilih mempunyai visi dan misi yang sama dengan apa yang diinginkan anak dan orang tua. Jika tujuan setiap pihak sama, maka dalam prosesnya akan ada sinergi dari semuanya yang tentu akan menghasilkan hasil yang baik.


Datang Langsung
Mengetahui lingkungan sekolah juga merupakan hal terpenting yang harus dipertimbangkan. Mendatangi dan melihat kondisi sekolah yang hendak dipilih bersama sang anak akan membantu dia memprediksi suka atau tidak dengan sekolah tersebut. Selain itu jarak antara rumah dan sekolah, pengaturan kelas, serta tempat-tempat di sekitarnya juga harus ikut dipertimbangkan.


Sumber referensi:
Kompas.com
Ayahbunda.co.id

Author: Atfan Hidayat


View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Dalam / Memilih / Orang / Sekolah dengan judul "Tips Bagi Orang Tua dan Anak Dalam Memilih Sekolah".http://soal2online.blogspot.com/2014/07/tips-bagi-orang-tua-dan-anak-dalam.html.

ARTIKEL TERKAIT: