Wednesday, July 16, 2014

Universitas Al Azhar Indonesia

By Novita Kusumaningrum on Jul 15, 2014


Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) merupakan salah satu dari beberapa Universitas Al Azhar yang ada di berbagai belahan dunia. Kampus Al Azhar Indonesia ini berdiri pada Agustus 2000 dan kini tengah membenahi diri dengan peningkatan kualitas. Kalau kamu ingin mendapatkan ilmu umum juga ilmu Islam maka kampus ini adalah pilihannya. Letaknya di ibukota negara membuatnya menjadi semakin menarik.


Fakultas

UAI memiliki enam fakultas dan 16 program studi. Enam fakultas di kampus ini adalah Fakultas Psikologi dan Pendidikan, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Sastra serta Fakultas Sains dan Teknologi.


Buat kamu yang gemar dengan teknologi, kamu bisa mengambil Program Studi Teknologi Informasi, Teknologi Industri, Teknik Elektronika, dan Bioteknologi di Fakultas Teknik. Pada Fakultas Ekonomi ada Program Studi Manajemen, dan Akuntansi. Sementara itu, untuk kamu yang ingin mendalami bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Psikologi bisa mendaftar di Fakultas Psikologi dan Pendidikan.


Peminat sastra, bisa menempuh pendidikan di Fakultas Sastra yang memiliki empat prodi, yakni Sastra Cina, Sastra Jepang, Sastra Inggris, Sastra Arab. Pada bidang sosial, ada Prodi Komunikasi dan Hubungan Internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sedangkan Fakultas Hukum hanya memiliki satu prodi yakni Ilmu Hukum.

Fasilitas

Pelayanan maksimal untuk mahasiswa merupakan tujuan utama UAI. Oleh karenanya kampus ini menyediakan berbagai fasilitas. Pihak kampus juga menerapkan area bebas asap rokok sehingga tercipta suasana sehat dan nyaman. Berikut ini beberapa fasilitas pendukung pendidikan di UAI:

1.   Perpustakaan

2.   Pusat Komputer dan Sistem Informasi

3.   Laboratorium Bahasa

4.   Laboratorium Komunikasi

5.   Laboratorium Hubungan Internasional

6.   Laboratorium Peradilan Semu

7.   Laboratorium Teknik

8.   Laboratorium Teknik Informasi

9.   Laboratorium Teknik Elektro

10. Laboratorium Teknik Industri

11. Laboratorium Biologi Teknologi

12. Laboratorium Manajemen dan Akuntansi

13. Laboratorium Micro Teaching

14. Laboratorium Psikologi

Beasiswa

UAI menyediakan beasiswa bagi siswa-siswi lulusan SMA yang berprestasi namun kurang beruntung secara ekonomi. Untuk mendapatkan beasiswa ini, calon penerima harus memenuhi beberapa syarat, antara lain memiliki nilai rata-rata kelas I, II dan III SMA sebesar 80,00 untuk jurusan IPA: mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Bahasa Inggris, sedangkan jurusan IPS: mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris.


Penerima akan memperoleh beasiswa ini selama delapan semester. Selama kurun waktu tersebut, mereka wajib mempertahankan Indeks Prestasi Semester (IPS) minimal 3,00 setiap semester untuk program studi Ilmu Sains dan minimal 3,25 untuk program studi ilmu Humaniora. Beasiswa ini meliputi biaya perkuliahan dan bebas Biaya Pengembangan Pendidikan (BPP), Biaya Operasional Pendidikan (BOP) serta biaya SKS.

Penerimaan Mahasiswa Baru

Berikut ini beberapa jalur penerimaan mahasiswa di UAI.

1.   Tes Seleksi, yakni jalur reguler dengan mengikuti tes seleksi.

2.   PMDK. Jalur ini khusus bagi siswa yang berprestasi ranking satu sampai lima di kelas maupun sekolah. UAI membebaskan mereka dari biaya tes masuk dan potongan 25% untuk Biaya Pengembangan Pendidikan.

3.   Jalur khusus keluarga besar Yayasan Pesantren Islam Al Azhar. Bagi calon mahasiswa kategori ini akan mendapat keringan biaya pendidikan.

4.   Mahasiswa Diploma III melanjutkan ke Strata Satu.

UAI menerima lulusan DIII yang hendak melanjutkan pendidikan S1 dengan jurusan yang linear.

Kontak

Alamat     : Komplek Masjid Agung Al Azhar, Jakarta 12110

Telp        : (021) 727 92753

Fax         : (021) 724 4767

E-Mail      : info@uai.ac.id

Website   : http://uai.ac.id/

Author: Novita Kusumaningrum


View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Azhar / Indonesia / Universitas dengan judul "Universitas Al Azhar Indonesia".http://soal2online.blogspot.com/2014/07/universitas-al-azhar-indonesia.html.

ARTIKEL TERKAIT: