Saturday, July 12, 2014

Universitas Negeri Surabaya

By Novita Kusumaningrum on Jun 24, 2014


 


Galau menentukan tujuan kuliah? Negeri ini memiliki ratusan universitas baik negeri maupun swasta yang bisa menjadi tujuan menimba ilmu selepas SMA. Buat kamu yang berada atau berencana kuliah di wilayah Jawa Timur, daerah ini memiliki 20 kampus negeri, salah satunya Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Kampus di wilayah Surabaya barat ini tercatat menduduki ranking 37 di Indonesia versi Webometric, sementara versi 4ICU Unesa menduduki ranking 57.


Sejarah
Keberadaan Unesa tidak muncul begitu saja, namun mengalami perjalanan panjang dan berkali-kali berganti nama. Berawal pada tahun 1950 dengan adanya kursus B-I dan B-II bidang Ilmu Kimia dan Ilmu Pasti. Kursus berlangsung di bangunan milik Belanda, di mana sudah terdapat ruang kelas dan laboratorium pendukung pembelajaran. Pada tahun 1960 melalui ketetapan MPRS, dualisme kursus B-I dan B-II yang tidak bergelar diintegrasikan menjadi Fakultas Ilmu keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan mencetak lulusan guru sekolah lanjutan disertai gelar.


Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1961, lembaga ini ditetapkan menjadi bagian dari Universitas Airlangga yang kemudian berganti julukan menjadi FKIP Airlangga cabang Surabaya. Satu tahun kemudian berdiri Institut Pendidikan Guru (IPG) yang kemudian diintegrasikan dengan cikal bakal Unesa menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP). Hingga tahun 1964 lembaga ini masih memiliki kaitan dengan Universitas Airlangga Surabaya, baru setelah diterbitkannya SK Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 182/1964, IKIP Surabaya berdiri sendiri. Oleh karenanya tanggal 19 Desember 1964 ditetapkan sebagai tanggal lahirnya. Kampus ini mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk melaksanakan perluasan mandat dengan terbitnya SK Presiden 93/1999, maka namanya pun kembali berganti menjadi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang hingga kini dipergunakan dan mulai dikenal oleh masyarakat luas.


Fakultas
Pada awal penggunaan nama Unesa, kampus ini memiliki enam fakultas. Saat ini terdapat tujuh fakultas dengan total 63 program studi, baik kependidikan maupun non-kependidikan. Ketujuh fakultas tersebut yakni Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika IPA (MIPA), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Keolahragaan, dan Fakultas Ekonomi (FE).


Jenjang pendidikan yang tersedia yakni mulai dari diploma (D2 dan D3), strata satu (S1), dan pascasarjana strata dua (S2) dan strata tiga (S3). Untuk rumpun pendidikan terdapat Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan PAUD, Administrasi Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah prodi-prodi tersebut bisa ditemukan di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP).


Sementara itu, prodi pendidikan juga bisa ditemui di fakultas lain seperti halnya Pendidikan Olahraga, Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi, serta Pendidikan Kepelatihan yang menjadi bagian dari Fakultas Ilmu keolahragaan. Fakultas Bahasa dan Seni juga memiliki prodi kependidikan dengan menyelenggarakan Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa dan Sastra Jerman, Pendidikan Bahasa Jepang dan Pendidikan Bahasa Daerah. Pada Fakultas MIPA juga ada prodi Pendidikan Sains, sedangkan prodi Pendidikan Sejarah dan Pendidikan Geografi terdapat di Fakultas Ilmu Sosial.


Jika ketertarikanmu ada pada bidang lain, masih banyak pilihan yang tidak termasuk dalam rumpun pendidikan. Seperti halnya di Fakultas Ilmu sosial terdapat prodi D-3 Administrasi Negara, atau Ilmu administrasi Negara dan Ilmu Hukum. Pilihan lain bisa dijatuhkan di Fakultas Teknik yang menyelenggarakan prodi Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil.


Pada program pascasarjana terdapat jenjang S-2 dan S-3. Berikut ini daftar prodi yang tersedia di pascasarjana Unesa.
1. Jenjang S-2
a. Pendidikan Matematika
b. Manajemen Pendidikan
c. Pendidikan Bahasa
d. Pendidikan Olahraga
e. Pendidikan Sains
f. Pendidikan Dasar
g. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
h. Teknologi Pendidikan
i. Pendidikan IPS
j. Pendidikan Seni Budaya
k. Pendidikan Luar Biasa
l. Pendidikan Ekonomi


2. Jenjang S-3
a. Pendidikan Matematika
b. Ilmu Keolahragaan
c. Pendidikan Bahasa dan Sastra
d. Pendidikan Sains
e. Teknologi Pendidikan


Prestasi
Unesa senantiasa mengukir prestasi baik yang diraih secara lembaga maupun yang diraih oleh mahasiswa dengan mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti kompetisi baik di dalam maupun di luar negeri. Berikut ini sekelumit dari sekian banyak prestasi yang pernah diraih Unesa:
1. Berhasil memperoleh Hibah Kompetisi Indonesian Managing High Education Relevance and Efficiency (IMHERE), 2009.
2. Unesa termasuk delapan kampus pertama yang berubah menjadi Badan Layanan Umum (BLU), 2009.
3. Berhasil memperoleh program Hibah Kompetisi Institusi, 2008.
4. Meraih penghargaan Kampus Berprestasi Olahraga dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenegpora), 2008.


Unit Pelayanan Teknis
Sebagai sarana penunjang pendidikan, Unesa memiliki Unit Pelayanan Teknis (UPT). UPT yang terdapat di kampus ini yakni:
1. Perpustakaan
2. Pusat Komputer
3. Pusat Bahasa
4. Pusat Pengembangan Pendidikan
5. Hubungan Masyarakat
Selain itu, juga terdapat layanan pendidikan seperti elearning, Unesa Job centre, Asrama Putri dan webmail.


Penerimaan Mahasiswa Baru
Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dilakukan melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Jalur Mandiri atau jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB). Khusus untuk SPMB berlangsung sebanyak dua kali yakni Jalur Mandiri I dan Jalur Mandiri II.


Kontak
KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231
Telp: (031) 8280009,8280383,8280675 Fax: (031) 8280804


KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
Telp: (031) 7532160 Fax: (031) 7532112
email : info@unesa.ac.id


Website
www.unesa.ac.id

Author: Novita Kusumaningrum


View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Negeri / Surabaya / Universitas dengan judul "Universitas Negeri Surabaya".http://soal2online.blogspot.com/2014/07/universitas-negeri-surabaya.html.

ARTIKEL TERKAIT: