Friday, July 25, 2014

Universitas Trunojoyo

By Novita Kusumaningrum on Jul 22, 2014

Universitas Trunojoyo (Unijoyo) merupakan universitas negeri. Kampus ini dulunya bernama Universitas Bangkalan (Unibang) yang berstatus swasta. Sejak September 2001 Unibang berubah status menjadi milik pemerintah dan berganti nama. Peresmian dilakukan pada 23 September 2001 oleh Presiden Abdurrahman Wahid. Dalam sambutannya kala itu, Presiden mengatakan bahwa keinginan warga Madura untuk memiliki perguruan tinggi negeri sudah tercapai.


Keinginan lain yang dimiliki warga Madura pada waktu itu adalah dapat terhubung dengan Pulau Jawa, cita-cita itu terwujud atas dibangunnya jembatan Suromadu dan diresmikan oleh Presiden SBY pada 2009. Saat ini kampus tersebut tengah membenahi beberapa segi seperti renovasi gedung perkuliahan, kantor pusat, dan kantor administrasi, selain itu juga dilakukan upaya melengkapi sarana laboratorium di semua fakultas. Unijoyo berdiri di atas tanah seluas 30 hektar. Letaknya berjarak 15 km dari Kota Bangkalan dan 5 km dari Pelabuhan Kamal.


Fakultas


Kampus ini menyelenggarakan pendidikan yang terbagi dalam enam fakultas dengan empat program studi DIII, 17 program studi S1, dan satu program studi S2. Untuk rumpun eksakta terdapat Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik. Pada Fakultas Pertanian terdapat Prodi Teknologi Industri Pertanian, Prodi Agroekoteknologi, Prodi Agribisnis, Prodi Ilmu Kelautan yang semuanya berjenjang S1. Sementara di Fakultas Teknik terdapat dua program S1 yakni, Prodi Teknik Industri dan Prodi Teknik Informatika. Selain itu di fakultas yang sama ada dua program DIII, yakni Prodi Manajemen Informatika, Prodi Metatronika, Prodi D3 Teknik Multimedia dan Jaringan.


Pada rumpun Ilmu Sosial terdapat Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Fakultas Ekonomi. Pada Fakultas Hukum hanya terdapat satu Prodi, yakni Ilmu Hukum yang berjenjang S1. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya memiliki lima prodi yang semuanya berjenjang S1, yakni Prodi Ilmu Sosiologi, Prodi Sastra Inggris,  Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Psikologi, dan Prodi PGSD.


Sementara itu di Fakultas Ekonomi terdapat tiga program S1, yakni Prodi Ekonomi Manajemen, Prodi Ekonomi Akuntansi,  Prodi Ekonomi Studi Pembangunan. Selain program S1, juga ada program DIII yakni Prodi Akuntansi Sektor Publik, dan program S2 yakni Program Studi Magister Akuntansi. Masih ada satu lagi program studi yang berdiri sendiri dan bertujuan untuk melahirkan lulusan yang ahli di bidang hukum bisnis syariah yang kompeten, yakni Prodi Hukum Bisnis Syariah.


Unit Pelayanan


Guna memberikan layanan prima bagi civitas akademika, Unijoyo menyediakan beberapa Unit Pelayanan.


1.   Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)


2.   Perpustakaan


3.   Pusat Komputer (Puskom)


4.   Pusat Bahasa


5.   Penjaminan Mutu


Fasilitas


Unijoyo menyediakan beberapa fasilitas penunjang pendidikan, termasuk sarana dan prasarana. Salah satunya saat ini pihak kampus tengah membangun asrama untuk mahasiswa. Juga terdapat fasilitas lain seperti berikut:


1.   Bus kampus


2.   Laboratorium Komputer


3.   Laboratorium Bahasa


4.   Laboratorium Dasar (Fisika, Kimia, Biologi)


5.   Laboratorium Hukum dan Pusat Dokumentasi Ilmu Hukum (Lab Hukum & PDIH)


6.   Laboratorium Ekonomi (Pasar Modal, Audit, Perpajakan, Perbankan)


7.   Laboratorium Pertanian


8.   Laboratorium Teknik


9.   Auditorium


10.  Student Centre


11.  Lapangan Olah Raga


12. Koperasi Mahasiswa


13. Warnet


14. Kantin


15. Guest House


16. Masjid


Penerimaan Mahasiswa baru


Terdapat tiga jalur yang bisa diakses agar dapat menjadi mahasiswa di kampus ini. Pertama yakni jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kedua Seleksi Mandiri Masuk Universitas Trunojoyo Madura (SMMUTM), dan terakhir bagi yang berminat mengambil program DIII dapat mengikuti SMMUTM khusus DIII.


Biaya Pendidikan


Biaya pendidikan bagi mahasiswa jalur seleksi mandiri Unijoyo per semester sebesar Rp. 2.500.000 untuk non eksakta, dan Rp. 2.600.000 untuk program eksakta. Sumbangan institusi dibayarkan satu kali dengan besaran yang berbeda-beda di tiap fakultas, berkisar antara Rp. 3.500.000-Rp. 7.000.000.


Kontak


Alamat              : Jl. Raya Telang, Kecamatan Kamal, Bangkalan, Madura    16912 Indonesia


Telp                 : 031-3011146


Fax                  : 031-3011506


Website           : http://trunojoyo.ac.id

Author: Novita Kusumaningrum


View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Trunojoyo / Universitas dengan judul "Universitas Trunojoyo".http://soal2online.blogspot.com/2014/07/universitas-trunojoyo.html.

ARTIKEL TERKAIT: