Wednesday, August 27, 2014

Angkat Kearifan Lokal untuk Pengobatan Kanker Payudara

Semarang, Kemdikbud --- Bagi masyarakat Yogyakarta, Secang merupakan tanaman yang sudah dikenal manfaat dan kegunaannya. Selain sebagai bahan minuman wedang tradisional, secang juga dipakai sebagai pewarna alami dan kulit kayunya dipakai sebagai bahan baku pernak pernik kerajinan.

Salah satu peserta Pekan ilmiah mahasiswa nasional (Pimnas) ke 27, Fahmi Rosyadi, meneliti lebih lanjut kegunaan tumbuhan yang merupakan anggota suku polong-polongan ini. Bersama timnya, Fahmi mengkaji efek sitotoksik ekstrak etanolik kayu secang terhadap sel kanker payudara. Penelitian yang telah dilakukannya sejak pertama kali masuk ke Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 2012 ini dilakukan dengan metode in vivo dan in siliko.

Ia menyadari tingginya angka kematian yang disebabkan oleh kanker payudara.“Kanker payudara merupakan pembunuh nomor tiga di dunia menurut WHO,” kata Fahmi saat diwawancarai di lokasi pameran poster PIMNAS ke 27 di Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (26/08) pagi.

Mahasiswa kelahiran Banyuwangi ini telah mencintai dunia pengobatan sejak kecil. Besar di Surabaya, Fahmi bercita-cita untuk bisa masuk UGM dan bergabung bersama mahasiswa lainnya di fakultas farmasi. Dengan tercapainya cita-cita tersebut, Fahmi mengembangkan ilmu dan pengetahuannya dengan meneliti untuk mencari pencegah dan obat untuk kanker payudara.

Di UGM, kata Fahmi, awalnya ia bergabung dalam kelompok program kreativitas mahasiswa (PKM). Kecintaannya pada dunia pengobatan membuatnya betah berlama-lama di laboratorium untuk meneliti.  Di Pimnas kali ini, target yang ingin diraihnya adalah bisa memperoleh medali emas hingga jadi juara umum. Semoga berhasil, Fahmi! (Aline Rogeleonick)


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Angkat / kanker / Kearifan / Lokal / Payudara / Pengobatan / untuk dengan judul "Angkat Kearifan Lokal untuk Pengobatan Kanker Payudara".http://soal2online.blogspot.com/2014/08/angkat-kearifan-lokal-untuk-pengobatan_27.html.

ARTIKEL TERKAIT: