Wednesday, August 27, 2014

Ayo Kunjungi Pameran "Rahasia Warisan Budaya Bawah Air"

Jakarta – Peradaban Nusantara tidak terlepas dari sis kemaritimannya. Sekitar 70 persen wilayah Indonesia adalah perairan. Maraknya lalu lintas perairan sejak masa lampau menjadi catatan sejarah kekayaan yang dimiliki bangsa ini.

Menjelang abad Masehi, ketika perdagangan antar dunia timur dan bara mulai berkembang melalui Jalur Sutera, orang-orang di Nusantara sudah menjalin hubungan dagang dengan India, Tiongkok, dan bangsa asing lainnya. Perdagangan ini terus berkembang seiring munculnya kerajaan Majapahit, masuknya pengaruh Islam, kedatangan bangsa Eropa, dan kehidupan modern saat ini.

Kondisi alam seperti badai dan topografi bawah laut menyebabkan banyak kapal yang tenggelam dengan segala muatannya. Tidak hanya kapal, tinggalan cagar budaya yang ditemukan di bawah air berupa pesawat, keramik, senjata, patung-patung, dan lain sebagainya.

Berbagai cagar budaya bawah air tersebut, saat ini, dapat dinikmati masyarakat dengan mengunjungi Pameran “Rahasia Warisan Budaya Bawah Air” yang diselenggarakan oleh Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pameran ini bertempat di Fountain Atrium West Mall, Lantai 3A, Grand Indonesia, Jakarta, mulai dari 26-31 Agustus 2014. Pengunjung juga dapat mengikuti berbagai aktivitas terkait dengan cagar budaya bawah air. Berikut rangkaian kegiatannya:

Selasa, 26 Agustus: Pembukaan

Rabu, 27 Agustus: Pemutaran Film dan Gelar Wicara “Cagar Budaya Bawah Air Karimunjawa”

Kamis, 28 Agustus: Workshop rekonstruksi gerabah, pagelaran sendratari modern/musikalisasi drama bahari “Patriotisme Bangsa Bahari” (di Galeri Indonesia Kaya)

Jumat, 29 Agustus: Pemutaran Film dan Gelar Wicara “Pelabuhan Karangantu”

Sabtu, 30 Agustus: Workshop rekonstruksi gerabah, workshop paper craft kapal

Minggu, 31 Agustus: Workshop rekonstruksi gerabah, workshop paper craft kapal

Melalui rangkaian kegiatan tersebut diharapkan dapat informasi berharga kepada masyarakat dan membangun apresiasi terhadap kekayaan cagar budaya bawah air yang dimiliki bangsa Indonesia.

Dengan mengetahui dan memahaminya, mari kita lestarikan dan lindungi kekayaan cagar budaya bawah air. Mari bersama-sama turut dalam mencegah dan menanggulangi dari kerusakan, kehancutan, dan kemusnahan cagar budaya dengan cara penyelematan, pengamanan, zonasi, pemeliharaan, dan pemugaran cagar budaya. (Arifah)


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Bawah / Budaya / Kunjungi / PAMERAN / Rahasia / Warisan dengan judul "Ayo Kunjungi Pameran "Rahasia Warisan Budaya Bawah Air"".http://soal2online.blogspot.com/2014/08/ayo-kunjungi-pameran-warisan-budaya.html.

ARTIKEL TERKAIT: