Wednesday, August 27, 2014

Hasil Penelitian di PIMNAS Jadi Awal Penelitian Skala Besar

Semarang, Kemdikbud --- Ajang pekan ilmiah mahasiswa nasional (Pimnas) berisi karya kreatif dan inovatif mahasiswa terpilih. Di tahun 2014 ini, Pimnas ke 27 melombakan 440 karya kreatif yang disaring dari 44 ribu proposal. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) melakukan seleksi dengan kriteria tertentu dalam penyaringan tersebut.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan (Wamendik), Musliar Kasim, mengatakan, Pimnas merupakan agenda prestisius bagi perguruan tinggi. Apalagi setelah sampai di Pimnas, karya para mahasiswa ini bisa mendapat kemenangan dan merebut penghargaan. Ia berharap, kemenangan tersebut tidak hanya sampai Pimnas saja, tapi bisa diimplementasikan ke kehidupan sehari-hari di masyarakat.

“Katakanlah hari ini baru bisa menghasilkan prototipe yang kecil , ke depan kita bisa tingkatkan dalam skala yang lebih besar,” kata Wamendik usai membuka Pimnas ke-27 di lapangan Widya Puraya Universitas Diponegoro, Selasa (26/08) pagi.

Wamendik mencontohkan, saat berkunjung ke Jember ia menemukan sebuah penelitian mahasiswa yang memodifikasi tepung ubi kayu menjadi substitusi tepung gandum yang selama ini diimpor dari luar negeri. Tepung tersebut digunakan dalam pembuatan mie. Dengan substitusi tersebut, kata dia, Indonesia bisa mulai mengurangi impor dan memiliki ketahanan pangan. “Kalau 50 persen saja kita substitusi, itu luar biasa hasilnya,” katanya.

Untuk mendorong penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat, harus ada kerja sama antara akademisi, swasta, dan pemerintah. Hasil penelitian yang ada di kampus apabila disatukan dengan sektor swasta dan didukung pemerintah, akan menghasilkan teknologi yang menguntungkan bagi negara.

“Karena tidak mungkin negara maju akan membuat penelitian atau teknologi yang menguntungkan kepada kita. Kalau bisa kita impor terus. Tidak mungkin mereka akan membuat teknologi yang bisa mensubstitusi kebutuhan gandum meski kita yang menanam ubi kayu. Kitalah orangnya (yang harus membuat perubahan),” katanya. (Aline Rogeleonick)


View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori besar / Hasil / penelitian / PIMNAS / Skala dengan judul "Hasil Penelitian di PIMNAS Jadi Awal Penelitian Skala Besar".http://soal2online.blogspot.com/2014/08/hasil-penelitian-di-pimnas-jadi-awal_27.html.

ARTIKEL TERKAIT: