Wednesday, August 27, 2014

Indonesia Unggul dengan Pancasila

Jakarta, 27 Agustus 2014-“Pendidikan Karakter sangat fundamental,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Djoko Santoso dalam arahannya pada Workshop Pendidikan Karakter dengan tema “Pembangunan Karakter Pancasila oleh dan untuk Civitas Akademika Perguruan Tinggi sebagai Gerakan Nasional” yang diadakan di Hotel Menara Peninsula, Jakarta.

Djoko berharap kegiatan ini mampu menyamakan persepsi para peserta workshop terkait penguatan dan pengembangan pendidikan karakter di Perguruan Tinggi (PT). “Yang penting bukan berapa banyak pelatihan yang dilakukan, tapi berapa banyak perubahan terjadi,” tambahnya.

Dalam Pancasila terkandung nilai benar dan adil. Djoko berharap para peserta workshop mampu menghayati dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. “Dengan Pancasila, kita dapat menjadi bangsa yang unggul,” ucap Djoko. Selain itu penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) menurut Djoko, hanya bisa terwujud dengan budaya dan etika akademik yang baik.

Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Dir. Diktendik), Supriadi dalam sambutannya mengungkapkan bahwa dari tahun 2010 hingga 2013, Ditjen Dikti telah menggelar berbagai Workshop Pendidikan Karakter yang membuahkan tiga kesepakatan. Pertama, bagaimana budaya dan etika akademik dapat di implementasi di PT. Kedua, pendidikan karakter dapat merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ketiga, karakter manusia Indonesia dapat terbangun melalui inovasi PT melalui kewirausahaan.

Workshop ini merupakan salah satu langkah Ditjen Dikti dalam penguatan dan pengembangan pendidikan karakter di PT. Beberapa upaya yang dilakukan dalam kegiatan ini antara lain melakukan refleksi kolektif terhadap berbagai pengalaman dalam perintisan, penguatan dan pengembangan pendidikan karakter di PT. Selain itu juga, membangun kesepahaman dalam rangka membangun pondasi yang kuat untuk pembangunan bangsa dan karakter. Yang terakhir, membangun komitmen bersama di lingkungan internal PT dan antar PT melalui penyamaan persepsi tentang konsep, perangkat dan praktis sebagai masukan penyusunan kebijakan untuk pembangunan bangsa dan karakter di PT.

Dengan kegiatan ini diharapkan peserta didik dapat berkembang menjadi manusia yang beriman, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Kegiatan ini berlangsung hingga tanggal 28 Agustus 2014.


View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan / Indonesia / Pancasila / Unggul dengan judul "Indonesia Unggul dengan Pancasila".http://soal2online.blogspot.com/2014/08/indonesia-unggul-dengan-pancasila.html.

ARTIKEL TERKAIT: