Wednesday, August 27, 2014

Kemdikbud Gelar Pameran “Rahasia Warisan Budaya Bawah Air”

Jakarta, Kemdikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman menggelar Pameran “Rahasia Warisan Budaya Bawah Air“ di Mal Grand Indonesia, Fountain Hall, West Mall, lantai 3A, Selasa (26/8/2014). Pameran yang akan berlangsung hingga Minggu (31/8/2014) ini resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Kebudayaan, Kacung Marijan didampingi Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Harry Widianto.

Potensi cagar budaya bawah air tidak terlepas dari letak geografis Indonesia yang memiliki perairan yang luas, yaitu mencapai 70 persen dari luas negara. Kondisi ini membuat Indonesia menjadi jalur pelayaran dan perdagangan dunia baik dimasa lampau hingga masa kini.

Namun demikian, potensi cagar budaya bawah air banyak yang belum tereksplorasi. Saat ini, Indonesia memiliki 462 titik situs bawah air yang kebanyakan di perairan Indonesia bagian timur. Hanya 10 persennya yang sudah dieksplorasi. “Kekayaan informasi masa lalu yang belum semuanya tergali dan tereksplorasi ini kalau tidak diangkat dan ditampilkan, maka pemahaman bawah air tidak tersampaikan,” ujar Harry.

Berdasarkan latar belakang tersebut, Pameran yang bertema “Rahasia Warisan Budaya Bawah Air” ini diselenggarakan. Harry menjelaskan, pameran ini bertujuan untuk melestarikan cagar budaya Indonesia yang terdapat di bawah air, serta memberikan pemahaman dan informasi kepada masyarakat tentang potensi kekayaan itu.

Diselenggarakannya pameran ini di mal karena mal dinilai sebagai arena komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan-pesan mengenai cagar budaya bawah air. Harry berharapan akan semakin banyak pengunjung yang datang dan memahami pentingnya melestarikan warisan budaya. “Mal adalah tempat keramaian sehingga kita tidak perlu mendatangkan pengunjung. Mereka akan menyempatkan masuk mengunjungi pameran,” katanya.
 (Arifah, Harris)


View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Bawah / Budaya / Gelar / Kemdikbud / PAMERAN / Rahasia / Warisan dengan judul "Kemdikbud Gelar Pameran “Rahasia Warisan Budaya Bawah Air”".http://soal2online.blogspot.com/2014/08/kemdikbud-gelar-pameran-rahasia-warisan_27.html.

ARTIKEL TERKAIT: