Wednesday, August 27, 2014

Kemdikbud Selenggarakan Lokakarya Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Serta Manfaatnya Bagi Lulusan SMK

Jakarta, Kemdikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, bekerja sama Direktorat Pengawasan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Direktorat PNK3) Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), dan Aliansi Lembaga Keselamatan dan Kesehata Kerja Indonesia, melaksanakan lokakarya (workshop) Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Manfaatnya Bagi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Lokakarya dilaksanakan di kantor Kemdikbud, Jakarta, pada hari Rabu (27/08/2014), bertujuan menyosialisasikan kebijakan Direktorat Pembinaan SMK tentang penerapan K3 di SMK

Selain itu lokakarya ini juga di maksudkan untuk menyosialisasikan kebijakan Direktorat PNK3 dalam membudayakan K3 di Indonesia, dan menyosialisasikan peranan dunia Industri dalam memberdayakan lulusan SMK. Lokakarya ini juga mempelajari aplikasi pemasangan poster K3 dan teknik pemasangan bagan dinding (wall chart) K3 bidang lingkungan hidup.

Kegiatan ini merupakan bentuk upaya bekerja sama Kemdikbud dengan Kemenakertrans membuat konsep link and match. Dengan demikian akan ada lebih banyak peluang bagi anak didik agar mampu merebut pasar di dunia kerja dalam negeri ataupun luar negeri. Berbicara tentang keselamatan kerja, di Indonesia sudah dimasukan konsep globalisasi. Salah satu ciri khas globalisasi perdagangan adalah mendesain sumber daya yang memiliki kompetensi. 

Peserta yang hadir pada lokakarya ini terdiri dari kepala sekolah SMK, program keahlian atau kejuruan, mewakili 40 SMK di DKI Jakarta, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Tangerang, dan Kabupaten Cianjur. (Seno Hartono)


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

ARTIKEL TERKAIT: