Wednesday, August 27, 2014

Menyingkap Rahasia Warisan Bawah Air

Jakarta – Laut menjadi kekayaan bangsa Indonesia yang sangat berharga. Tinggalan budaya yang tersimpan di bawah air inilah yang kemudian menjadi bukti kita sebagai bangsa bahari yang besar dan menguasai Nusantara. Karenanya, penting untuk dipahami bahwa temuan cagar budaya bawah air dapat membuka tabir sejarah masa lalu.

Dari temuan-temuan cagar budaya bawah laut dari kapal-kapal yang karam, ternyata ada hubungannya dengan budaya di daratan. “Temuan-temuan historis bawah air sangat luar biasa. Lalu lintas perdagangan masa lalu dan sekarang padat. Banyak kapal yg tenggelam. Contohnya adalah temuan cagar budaya bawah air di sekitar Banten,” ujar Direktur Jenderal Kebudayaan, Kacung Marijan, saat memberikan sambutan pada Pameran “Rahasia Warisan Budaya Bawah Air” di Jakarta (26/08/2014).

Temuan tersebut adalah kapal dagang dari Tiongkok berdasarkan identifikasi bentuk kapal dan keramik-keramik yaitu sekitar abad 8 atau 9 Masehi. Yang menarik, menurut Kacung, ternyata di kaki gunung Sindoro, Jawa Tengah, ditemukan keramik-keramik yang memiliki kesamaan dari keramik di kapal Tiongkok yang tenggelam tersebut.

Berdasarkan penelitian, pemukiman di kaki gunung Sindoro tersebut adalah pemukiman zaman kerajaan Mataram Kuno. “Berarti dulu ada perdagangan kuat antara Tiongkok dengan Mataram Kuno dari bukti temuan bawah air,” jelas Kacung.

Hal-hal seperti inilah yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa cagar budaya memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan kebudayaan.
Saat ini, Kacung memaparkan berdasarkan data Kemeneterian Kelautan dan Perikanan, telah teridentifikasi sebanyak 462 dari sekitar 2000-an titik warisan budaya bawah air yang ada di seluruh Indonesia. Dari lebih dari 400 titik tersebut, yang telah dieksplorasi kurang dari 10 persen. Hal ini mengingat tantangan medan yang sulit dijangkau jumlah tenaga ahli yang terbatas, dan lain sebagainya.

Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melakukan berbagai upaya sebagai solusi dari menjawab tantangan-tantangan tersebut sepertri dengan mengadakan pelatihan-pelatihan bagi para pengelola, termasuk para penyelam. “Mereka dilatih untuk meningkatkan kualitas dalam mengeksplorasi dan mengelola warisan bawah air,” jelasnya.

Kemudian, Pemerintah juga berupaya memperkuat regulasi, membangun museum-museum bahari, memperbanyak eksplorasi, termasuk bekerja sama dengan berbagai pihak dalam pengelolaan warisan budaya bawah laut. “Kita sudah ada komitmen dengan Angkatan Laut, kepolisian, maupun pemerintah daerah untuk mengamankan warisan budaya. Yang terpenting adalah kita ada aksi untuk mengelola warisan budaya bawah air,” ujar Kacung.

Dengan adanya upaya untuk melestarikan cagar budaya bawah air ini, Kacung berharap, kasus jual-beli secara ilegal maupun hilangnya benda-benda berharga ini  dapat berkurang. (Arifah)


View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Bawah / Menyingkap / Rahasia / Warisan dengan judul "Menyingkap Rahasia Warisan Bawah Air".http://soal2online.blogspot.com/2014/08/menyingkap-rahasia-warisan-bawah-air_27.html.

ARTIKEL TERKAIT: