Wednesday, August 20, 2014

Penjurian Sistem Online untuk Hasilkan Penilaian PIMNAS Objektif

Jakarta, Kemdikbud --- Memasuki kali ke-27, perhelatan tahunan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) akan digelar di Universitas Diponegoro, Semarang. Melanjutkan kesuksesan penilaian di PIMNAS tahun lalu, Undip juga akan menerapkan penjurian sistem online. Sistem ini dilakukan untuk menjamin hasil penilaian yang objektif, dan tanpa intervensi berbagai pihak.
Sekretaris Dewan Juri PIMNAS, Andang Subaharianto menjelaskan, para juri PIMNAS akan mendapatkan masing-masing akun penilaian. Akun ini akan dilengkapi dengan sistem perangkat lunak, untuk membantu proses penilaian yang dilakukan tim juri. “Nilai itu akan diolah dengan sistem yang berlaku dalam akun. Disinilah kami menjamin hasil penjurian bersifat objektif, atau netral!” jelasnya, saat Konferensi Pers PIMNAS Ke-27, di Jakarta, Selasa (19/8).
Ketua pelaksana PIMNAS Ke-27 Bambang Sulistianto mengungkapkan sebanyak 66 juri akan dilibatkan. Mereka akan menilai tiga jenis kompetisi yang mencakup enam kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Pertama, lomba karya inovasi untuk kelompok PKM Penelitian, PKM Karsa Cipta, dan PKM Penerapan Teknologi. Kedua, lomba karya kreasi untuk kelompok PKM Kewirausahaan, PKM Pengabdian Kepada Masyarakat. Terakhir, lomba karya tulis untuk PKM Gagasan Tertulis.
Bertemakan Berkreasi dan Berinovasi dalam Kebhinekaan, sistem penilaian akan berlaku berdasarkan bobot nilai yang mencakup tiga nilai, yaitu nilai laporan akhir, presentasi kelas, dan poster. Pada nilai poster, juri akan memberikan bobot tersendiri yaitu sebesar 20 persen. Sedangkan 80 persen lainnya merupakan gabungan nilai presentasi kelas, dan laporan akhir. “Laporan akhir itu 30 persen, presentasi kelas itu 70 persen, mereka digabungkan untuk mencapai 80 persen nilai, baru ditambahkan nilai poster sendiri 20 persen,” kata Andang.
Ditemui seusai konferensi pers, Rektor UNDIP mengungkapkan harapannya untuk dapat menyelenggarakan perhelatam tahunan ini. “Kami sebagai tuan rumah berambisi, sebagai penyelenggara yang baik sukses penyelenggaraan, dan sukses peserta,” ujarnya.
PIMNAS sebagai media pertemuan nasional, dan forum kompetisi kreativitas diikuti oleh mahasiswa atau kelompok mahasiswa baik yang telah terpilih melalui seleksi untuk kelompok kegiatan tertentu yang didanai Direktoran Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), maupun peserta mahasiswa non kompetisi untuk kegiatan lainnya dengan dukungan dana mandiri atau dari perguruan tinggi pengirim. Kegiatan ini merupakan sebuah media sekaligus forum untuk menilai tingkat kompetensi dan kemampuan kompetisi diantara kelompok mahasiswa yang telah terpilih melalui seleksi nasional. (Gloria Gracia)


View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Hasilkan / Objektif / online / Penilaian / Penjurian / PIMNAS / Sistem / untuk dengan judul "Penjurian Sistem Online untuk Hasilkan Penilaian PIMNAS Objektif".http://soal2online.blogspot.com/2014/08/penjurian-sistem-online-untuk-hasilkan_20.html.

ARTIKEL TERKAIT: