Wednesday, August 27, 2014

Sultan: perpustakaan harus menjadi pusat belajar

 Persiapan TPS Sultan Panitia Tempat Pemungutan Suara (TPS) melakukan persiapan di TPS 9, Ndalem Tjokrodiningratan, Jl. Magangan Wetan, Panembahan, Kraton, Yogyakarta, Selasa (8/7). Sri Sultan HB X yang merupakan Gubernur Daerah Istimewa Yogakarta dan juga Raja Kraton Yogyakarta dijadwalkan akan menggunakan hak pilihnya pada Pilpres 2014 pada hari Rabu (9/7) pagi di TPS 9 Kelurahan Panembahan. (ANTARA FOTO/Noveradika) ()Yogyakarta (ANTARA News) - Perpustakaan harus berperan menjadi pusat belajar dan wahana demokratisasi, kata Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X.

"Di perpustakaan dapat diperoleh informasi yang permanen dan luas lingkupnya untuk kegiatan sosial, ekonomi, politik, dan edukatif," katanya pada lokakarya Membangun Komitmen Pengembangan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi, di Yogyakarta, Selasa.


Menurut dia, masyarakat hendaknya melestarikan tradisi membaca karena membaca akan lebih bermakna apabila tidak hanya berkisar tekstual. Rahasia ilmu itu ada di buku dan buku berada di perpustakaan.


"Namun, jika hanya disimpan sebagai koleksi, ilmu yang ada tidak akan berkembang," kata Sultan yang juga Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.


Direktur Program Perpuseru Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI)) Erlyn Sulistyaningsih mengatakan program Perpuseru pada 2013 fokus utamanya adalah upaya pemberdayaan perpustakaan daerah kabupaten dan kota beserta seluruh jajarannya.


Menurut dia, memasuki 2014 program Perpuseru ingin mengangkat betapa pentingnya peran kemitraan strategis untuk mendapat dukungan baik dari pemerintah pusat dan daerah maupun pihak swasta dalam pengembangan perpustakaan desa.


"Tujuan Perpuseru adalah menjadikan perpustakaan menjadi lebih kuat, kreatif, dan mandiri. Memasuki program Perpuseru fase kedua akan dikembangkan kemitraan hingga 70 perpustakaan desa dan tujuh taman bacaan masyarakat di 19 kabupaten dan kota di 12 provinsi," katanya.


(B015/M008) Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2014


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Belajar / Harus / Menjadi / perpustakaan / pusat / Sultan dengan judul "Sultan: perpustakaan harus menjadi pusat belajar".http://soal2online.blogspot.com/2014/08/sultan-perpustakaan-harus-menjadi-pusat.html.

ARTIKEL TERKAIT: