Wednesday, August 20, 2014

Undip Siap Selenggarakan PIMNAS Ke-27

Jakarta, 19 Agustus 2014–“Kami siap menjadi tuan rumah PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional-red) ke-27. Merupakan kehormatan bagi Undip (Universitas Diponegoro-red) menjadi tuan rumah Pimnas untuk kedua kalinya” ujar Rektor Undip, Sudharto P. Hadi dalam Konferensi Pers Pimnas ke-27 di Gedung D, Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Senayan.

Pimnas Ke-27 akan diadakan di Undip pada tanggal 25-29 Agustus 2014. Acara ini merupakan perwujudan kreativitas mahasiswa dan penalaran ilmiah yang terjadwal secara akademik yang diikuti perguruan tinggi di Indonesia. Sudharto menambahkan Pimnas tahun ini bertema “Berkreasi dan Berinovasi dalam Kebhinekaan”.

Tema dimaksud untuk memberikan apresiasi pada berbagai warna daerah, suku, budaya sebagai nilai kearifan lokal yang diusung. Tema ini juga bertujuan untuk mewarnai seluruh kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam membangun karsa serta cipta IPTEKS yang bersifat global, untuk membangun bangsa Indonesia. Selain itu, Pimnas diharapkan mampu menunjukkan kepada segenap khalayak bahwa keragaman unsur sebagai bagian dari kebhinekaan merupakan energi positif yang layak dipertimbangkan oleh pemimpin bangsa dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur sesuai amanah kemerdekaan Indonesia.

Bidang yang dilombakan meliputi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bidang Penelitian, Penerapan Teknologi, Pengabdian kepada Masyarakat, Kewirausahaan dan Karsa Cipta.  “Dari sekitar 44.000 usulan PKM yang masuk, terpilih 440 tim yang diundang dan difasilitasi oleh Ditjen Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi-red) untuk mengikuti Pimnas. Tiap tim terdiri dari sekitar lima mahasiswa,” tutur Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyararakat, (Dir. Litabmas) Ditjen Dikti Agus Subekti.

Tim yang lolos mengikuti Pimnas nantinya akan dinilai dewan juri yang seluruhnya berjumlah 68 juri. Model penjurian dilaksanakan secara online di sistem Simlitabmas sehingga hasilnya dijamin obyektif, tidak ada intervensi. Aspek yang akan dinilai meliputi laporan akhir, presentasi kelas dan poster. Pemaparan, diskusi dan penampilan dari tim juga akan menjadi poin penting bagi dewan juri untuk memberikan penilaian.


View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori PIMNAS / Selenggarakan / Undip dengan judul "Undip Siap Selenggarakan PIMNAS Ke-27".http://soal2online.blogspot.com/2014/08/undip-siap-selenggarakan-pimnas-ke-27.html.

ARTIKEL TERKAIT: