Wednesday, August 20, 2014

Undip Tuan Rumah PIMNAS ke-27

Jakarta, Kemdikbud – Universitas Diponegoro (Undip) telah menyiapkan diri menjadi tuan rumah penyelenggaran pekan ilmiah mahasiswa tingkat nasional (Pimnas) ke 27 tahun 2014. Kesiapan tersebut disampaikan Rektor Undip, Sudarto, pada jumpa pers di Kantor Kemdikbud, Selasa (19/07).
Ditunjuknya Undip sebagai tuan rumah di tahun 2014 ini merupakan kali ke-dua dalam 27 penyelenggaraan Pimnas. Sebelumnya, Undip pernah menjadi tuan rumah di tahun 1998. “Ini tuan rumah ke-dua. Pertama pada 1998 yang merupakan tahun transisi pemerintahan, sekarang juga demikian,” kata Sudarto saat menjelaskan kesiapan Undip kepada media, Selasa (19/08), di kantor Kemdikbud.
Sudarto mengatakan, tema Pimnas kali ini adalah “Berkreasi dan Berinovasi dalam Kebhinekaan”. Dengan maskot “Mas Pim” yang melambangkan pahlawan pangeran Diponegoro masa kini, Pimnas ke-27 akan diselenggarakan pada 25-29 Agustus 2014.
Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Agus Subekti mengatakan, lebih dari 44 ribu judul karya ilmiah masuk ke panitia Pimnas tahun ini. Dari jumlah tersebut, hanya 1,2 persennya yang masuk seleksi untuk mendapatkan dana hibah PKM, atau 440 judul karya ilmiah.
Pimnas ke-27 akan diikuti oleh 90 perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, dan 30 PTN/PTS peserta Poster Pimnas non-seleksi. Adapun universitas yang mengirimkan tim terbanyak adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan 61 tim, disusul dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), dan Universitas Brawijaya.
Tahun lalu, ITS mengukuhkan diri sebagai pemenang dalam Pimnas ke-26 yang diselenggarakan di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Hasil karya para mahasiswa yang telah berpartisipasi tahun lalu diabadikan dalam bentuk buku kumpulan poster, dan bisa diakses di laman litbangmas pada portal dikti.kemdikbud.go.id. Tahun ini, 90 perguruan tinggi tersebut akan bersaing ketat merebutkan trofi pimnas ke 27.
Jumlah peserta Pimnas ke-27 total sekitar 2.500 mahasiswa dan 540 dosen pembimbing. Tahun lalu, jumlah tim yang diundang ke Pimnas hanya 400 tim, dan tahun ini naik menjadi 440 tim. (Aline Rogeleonick)


View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori PIMNAS / Rumah / Undip dengan judul "Undip Tuan Rumah PIMNAS ke-27".http://soal2online.blogspot.com/2014/08/undip-tuan-rumah-pimnas-ke-27.html.

ARTIKEL TERKAIT: