Thursday, September 18, 2014

Festival TBM 2014 Dibuka

Kendari, Kemdikbud – Festival Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) 2014 dibuka secara resmi oleh Direktur Pembinaan Pendidikan Masyarakat, Direktorat Jenderal (Ditjen) PAUDNI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Wartanto, Kamis (18/9/2014). Acara yang dipusatkan di Alun-alun MTQ, Kendari, Sulawesi Tenggara ini menampilkan sekitar 151 stan TBM dari seluruh Indonesia dengan berbagai hasil karya yang ikut dipamerkan.

Wartanto mengatakan, saat ini TBM tidak hanya didirikan sebagai tindak lanjut dari program penuntasan niraksara, tetapi telah berkembang untuk memberdayakan masyarakat Indonesia yang gemar belajar dan masyarakat yang senang dengan perkembangan ilmu pengetahuan. “Maka sekarang TBM tidak hanya ada di pedesaan, tetapi juga sudah tersedia di tempat-tempat umum, seperti mal, rumah sakit, atau terminal,” ujar Wartanto.

Ia mengatakan, untuk menyebarkan TBM di lebih banyak tempat, setiap orang dapat secara mandiri mendirikan TBM. Asalkan mereka memiliki niat tulus untuk membelajarkan, meningkatkan kemampuan, mencerdaskan, dan mengurangi niraksara masyarakat. “TBM kita sebarkan kepada masyarakat umum,” tambah Wartanto.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tenggara, Damsid menuturkan, kegiatan semacam ini diharapkan dapat menjadi ‘embun pagi’ untuk pengembangan peradaban di Indonesia. “Semoga melalui TBM, kita dapat terus menerus mengembangkan kemampuan literasi kita, tidak hanya membaca, tetapi juga menulis. Menulis apa yang kita lihat, rasakan, sehingga bisa memberikan semangat serta inspirasi bagi orang lain,” katanya.

Festival TBM ini akan berlangsung hingga Sabtu (20/9/2014) dan akan diisi dengan sejumlah kegiatan, seperti workshop penulisan dan bincang buku. Selain itu, peringatan HAI 2014 juga dimeriahkan dengan pameran diisi berbagai stan dari unit-unit utama Kemdikbud dan lembaga di bawah Ditjen PAUDNI. (Ratih Anbarini)


View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Dibuka / Festival dengan judul "Festival TBM 2014 Dibuka".http://soal2online.blogspot.com/2014/09/festival-tbm-2014-dibuka.html.

ARTIKEL TERKAIT: