Sunday, September 7, 2014

Indonesia gelar pekan multi promosi di Mesir

Kairo (ANTARA News) - Pekan Multi Promosi Indonesia mencakup pameran perdagangan, wisata, kebudayaan, bazar kuliner, dan lokakarya kerja sama pendidikan RI-Mesir akan digelar di Kairo, Mesir, pada 17-20 September 2014.

"Mendikbud Mohammad Nuh dan sejumlah rektor dari berbagai universitas di Indonesia dan Mesir direncanakan akan menghadiri Pekan Multi Promosi, khususnya lokakarya kerja sama pendidikan berupa Joint Working Group on Higher Education/JWG-HE," kata Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Kairo, Fahmy Lukman, kepada ANTARA di Kairo, Ahad.

Fahmy, yang belakangan ini aktif bertemu dengan para rektor berbagai perguruan tinggi Mesir terkait lokakarya itu, menjelaskan, lokakarya tersebut bertujuan mencari titik temu untuk meningkatkan kerja sama pendidikan RI-Mesir di berbagai bidang pendidikan, di samping kerja sama pendidikan agama yang sudah lama berjalan.

Menurut Fahmy, sejumlah rektor dari Indonesia yang telah dikonfirmasi akan menghadiri lokakarya itu, antara lain dari Universitas Pajajaran, Univ Negeri Padang, Universitas Hasanuddin, Univ Syiah Kuala, Univ Negeri Jakarta, Univ Tadulako, Univ Negeri Malang, Univ Muhammadiyah Palembang, dan UIN Maulana Malik Ibrahim Surabaya.

Sementara itu, Kepala Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Kairo, Windratmo Suwarno, mengatakan Pekan Multi Promosi ini di gelar di beberapa tempat, yaitu, lokakarya digelar Hotel Four Season, pertunjukan seni di Gedung Opera Kairo (Cairo Opera House), dan pameran produk Indonesia dipusatkan di KBRI.

Pekan Multi Promosi bertajuk "Yalla Indonesia 2014" atau "Indonesian Expo 2014" ini merupakan pertama kali digelar untuk menyemarakkan HUT ke-67 Hubungan Diplomatik RI-Mesir, katanya.

Disebutkan, pekan multi promosi ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat Mesir mengenai produk-produk Indonesia yang telah masuk ke pasar Mesir.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan kemajuan pendidikan di Indonesia, dan untuk memperluas kerja sama di bidang pendidikan serta menarik para wisatawan Mesir berkunjung ke Indonesia, papar Windratmo.

Maskapai Penerbangan Qatar Airways menyumbangkan empat tiket pesawat pergi-pulang Kairo-Jakarta-Kairo berupa doorprize yang akan diundi setiap hari selama pameran di KBRI.

Selain dari Indonesia, para importir Mesir yang tergabung dalam Dewan Bisnis Mesir-Indonesia (Egyptian Indonesia Business Council/EIBC), juga ambil bagian dalam multi promosi itu.

Produk Indonesia yang dipamerkan di antaranya ban mobil, perabot perkantoran, peralatan rumah tangga, kopi, kerajinan tangan dari para pengusaha importir dan Usaha Kecil Menengah dari dari berbagai daerah di Indonesia.

Pesertanya antara lain dari perusahaan Indomie, Mayora, pengusaha kopi, teh kemasan, kerajinan tangan, asosiasi tenun sulam dan batik Indonesia, Pemda Sumatera Selatan dan Pemda DKI Jakarta.

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki memimpin delegasi dari Sumsel dengan didampingi sembilan penari untuk membawakan enam tarian khas daerah tersebut.

Tim dari Pemda DKI disertai delapan penari untuk membawakan 13 tarian, lima musisi dan desaigner.

Acara pertunjukan seni akan dilaksanakan pada tanggal 18-20 September 2014 di Gedung Opera Kairo (Cairo Opera House) pada pukul 19.00 hingga 21.00 waktu setempat, papar Windratmo.

(M043/H-AK) Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2014


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Gelar / Indonesia / Mesir / Multi / Pekan / promosi dengan judul "Indonesia gelar pekan multi promosi di Mesir".http://soal2online.blogspot.com/2014/09/indonesia-gelar-pekan-multi-promosi-di.html.

ARTIKEL TERKAIT: