Thursday, September 11, 2014

Indonesia Telah Berperan Aktif dalam Penguatan Kualitas Pendidikan di Kawasan ASEAN

Jakarta, Kemdikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan bahwa banyak capaian telah dibuat dalam penguatan kualitas pendidikan di kawasan regional ASEAN sesuai rencana kerja 5 tahun ASEAN tahun 2011 hingga 2015.

“Kita sudah membuat capaian-capaian luar biasa untuk memperkuat kualitas pendidikan di kawasan ASEAN jelang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2015”, jelas Mendikbud dalam sambutannya pada 8th ASEAN Education Ministers Meeting (8th ASED) di Vientiane, Laos.

Dalam naskah sambutan yang diterima www.kemdikbud.go.id, Mendikbud memaparkan paling tidak lima capaian. Pada 7th ASED di Yogyakarta tahun 2012 telah diluncurkan ASEAN Curriculum Sourcebook, sebuah sumber pengajaran untuk guru tingkat pendidikan dasar dan menengah dalam rangka mendorong terciptanya masyarakat berwawasan luar, stabil, damai dan sejahtera.

Capaian kedua, Mendikbud mengatakan, adalah peluncuran ASEAN State of Education Report (ASOER) yang merupakan hasil dari Informal ASEAN Education Ministers Meeting di Bali tahun 2011. ASOER merupakan penilaian yang baru pertama kali ada untuk menilai kemajuan pembangunan pendidikan di ASEAN.

“Kita juga telah menyelesaikan ASEAN Qualification Reference Framework (AQRF)”, papar Mendikbud menyebut capaian ketiga. AQRF merupakan alat harmonisasi dan pengakuan dalam bidang kerjasama pendidikan tinggi.  

Capaian keempat, kata Mendikbud, adalah telah selesainya siklus ke-13 Program Pertukaran Pelajar ASEAN (ASEAN Student Exchange Programme). Selanjutnya, telah dibuka kerjasama dengan lebih banyak mitra regional untuk memberikan kesempatan saling belajar, berbagi pengalaman dan mengamati praktik terbaik. Hal ini ditandai dengan dilaksanakannya 1st ASEAN Plus Three Education Ministers Meeting dan 1st East Asia Summit Education Miniters Meeting di Yogyakarta tahun 2012.

Namun demikian, Mendikbud mengingatkan beberapa agenda yang harus diselesaikan. Salah satunya adalah Kerjasama Jaringan Universitas ASEAN (ASEAN University Network/AUN). Selain itu Mendikbud juga menekankan pentingnya visi yang jelas dalam menyusun ASEAN Five Year Work Plan  (2016-2020). “Kita berharap rencana kerja ini selesai tahun depan”, tutur Mendikbud. (Emi Salpiati)


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Aktif / ASEAN / Berperan / Dalam / Indonesia / Kawasan / Kualitas / Pendidikan / Penguatan / telah dengan judul "Indonesia Telah Berperan Aktif dalam Penguatan Kualitas Pendidikan di Kawasan ASEAN".http://soal2online.blogspot.com/2014/09/indonesia-telah-berperan-aktif-dalam.html.

ARTIKEL TERKAIT: