Friday, September 19, 2014

Jokowi minta hasil penelitian diberikan langsung padanya

Jakarta (ANTARA News) - Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi minta agar hasil penelitian para peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan lembaga penelitian lain dapat diberikan langsung padanya.

"Kalau ada hasil-hasil penelitian, langsung saja diberikan ke saya. Kan (LIPI) di bawah langsung Presiden, bener nggak, kalau dilewatkan dulu ke siapa nggak sampai ke saya nanti bapak dan ibu marah ke saya," kata Jokowi dalam Seminar dan Kuliah Umum Presiden Terpilih itu di LIPI, Jakarta, Selasa.

Menurut dia, riset yang hasilnya memang segera dapat diimplementasikan di lapangan, dan bisa segera digunakan untuk mengambil kebijakan maka tidak harus melewati Menteri Pendidikan Tinggi dan Riset.

"Kalau saya tidak ingin berpikir ruwet dan sangat birokratis. Semakin simpel, semakin baik," ujar Jokowi.

Sementara itu, Kepala LIPI Lukman Hakim mengatakan lembaga penelitian selama ini memang tidak terlalu terkait dengan pemerintahan, dan lebih otonom.

"Kami (LIPI) dalam sejarahnya memang otonom, kita harapkan tetap di bawah presiden. Kami akan beri saran saja ke Presiden (terpilih-red), komunikasi akan kita intensifkan karena beliau juga terbuka," ujar dia.

Secara rutin, menurut Lukman, LIPI telah menyerahkan telaah ilmiah kepada Presiden. "Diminta atau tidak diminta sekalipun, LIPI sampaikan pada Presiden. Kita tunggu beberapa lama, kalau Presiden tidak merespon kita serahkan kepada Menteri terkait".

Lukman menegaskan LIPI akan terus menyampaikan Telaah Ilmiah untuk Presiden. Jika ada hasil-hasil penelitian yang dianggap penting dari segala bidang akan segera dikeluarkan oleh LIPI.
(V002/T007) Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2014


View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori diberikan / Hasil / Jokowi / langsung / minta / padanya / penelitian dengan judul "Jokowi minta hasil penelitian diberikan langsung padanya".http://soal2online.blogspot.com/2014/09/jokowi-minta-hasil-penelitian-diberikan.html.

ARTIKEL TERKAIT: