Friday, September 5, 2014

Kurikulum 2013 Jadikan Peserta Didik Senang dan Antusias Belajar

Manado, Kemdikbud --- Kurikulum 2013 menjadikan peserta lebih senang dan antusias dalam belajar dengan model pembelajaran berbasis aktivitas, dan ikut terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara  Asiano Gemmy Kawatu, kepada tim pendampingan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) saat mendampingi Anggota Komisi X DPR RI melakukan Kunjungan Kerja Spesifik ke Provinsi Sulawesi Utara.

Kunjungan kerja spesifik ini dilakukan pada tanggal 1 s.d. 3 September 2014, dimaksudkan untuk mengevaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013 di Provinsi Sulawesi Utara. Bagi guru, kata Kawatu , kurikulum 2013 dianggap meringankan beban guru, karena buku panduan dan silabus sudah tersedia. “Guru hanya membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), melakukan penilaian aktivitas siswa di dalam dan di luar kelas,” ungkapnya.

Mengenai buku guru dan buku siswa, semua sekolah di Provinsi Sulawesi Utara telah mengajukan pemesanan buku ke penyedia JP Press di Gresik, Jawa Barat. Saat ini sudah lima kontainer pengiriman buku dilakukan. Namun masih ada beberapa buku belum sampai di sekolah, khususnya Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah-daerah terpencil Provinsi Sulawesi Utara.

Meskipun masih ada beberapa buku Kurikulum belum sampai di sekolah, pemerintah daerah Sulawesi Utara tetap menginstruksikan sekolah untuk menerapkan Kurikulum 2013. Pengadaan buku dapat di antisipasi dengan menggandakan (Foto Copy) bahan-bahan ajar yang diunduh lewat laman Rumah Belajar Kemdikbud. Selain melalui laman, pemerintah daerah memberikan buku melalui cakram padat yang dibagikan kepada para guru ketika mengikuti pelatihan. (Seno Hartono)


View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Antusias / Belajar / Didik / Jadikan / Kurikulum / Peserta / Senang dengan judul "Kurikulum 2013 Jadikan Peserta Didik Senang dan Antusias Belajar".http://soal2online.blogspot.com/2014/09/kurikulum-2013-jadikan-peserta-didik.html.

ARTIKEL TERKAIT: