Friday, September 5, 2014

Mendikbud: Media Berperan Mengedukasi Masyarakat

Jakarta, Kemdikbud --- Keberadaan media massa di sebuah masyarakat menjadi sebuah perantara informasi. Dengan fungsi tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, mencatat ada beberapa peran yang dapat dilakukan oleh media.
Mendikbud mengatakan, hal pertama yang dapat dilakukan oleh media adalah sebagai wadah mengedukasi masyarakat. Tidak hanya informasi dan data saja, media juga berfungsi untuk memberi pemahaman tentang persoalan dan pada akhirnya akan memberi kebijaksanaan kepada pembacanya.
“Kalau media massa memerankan fungsi itu, tentang pentingnya fenomena yang muncul itu, masyarakat kita akan well educated,” kata Mendikbud saat memberikan sambutan pada penganugerahan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa kepada Jakob Oetama, di Kantor Kemdikbud, Jumat (05/09/2014).
Masyarakat yang terdidik, kata Mendikbud, tidak selalu ditandai dengan gelar-gelar akademik. Gelar tersebut hanya akan bermakna ketika dihadapkan pada persoalan, yang diutamakan adalah penyelesaian. Penyelesaian masalah yang dimaksud tentunya yang berbiaya ringan, tidak mahal. Dan yang tidak kalah penting, dalam menyelesaikan persoalan tidak mau menabrak aturan. “Meski bisa menyelesaikan persoalan, biaya rendah, tapi nabrak kiri kanan termasuk menabrak etika, berarti belum well educated,” katanya.
Selain mengedukasi masyarakat, Mendikbud mengatakan media diharapkan dapat memberdayakan masyarakat. Dan dari dinamika kehidupan, media juga diharap untuk memberikan analisis yang berimbang terhadap setiap masalah yang muncul. (Aline Rogeleonick)


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Berperan / Masyarakat / Media / Mendikbud / Mengedukasi dengan judul "Mendikbud: Media Berperan Mengedukasi Masyarakat".http://soal2online.blogspot.com/2014/09/mendikbud-media-berperan-mengedukasi.html.

ARTIKEL TERKAIT: