Wednesday, September 24, 2014

Mendikbud Serahkan 50 Penghargaan di Puncak Peringatan HAI 2014

Kendari, Kemdikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh memberikan penghargaan kepada 50 orang yang memiliki kontribusi pada bidang keaksaraan di Indonesia. Penghargaan diberikan saat puncak peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-49 yang diselenggarakan di Alun-alun MTQ, Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (20/9/2014).

Ke-50 penghargaan tersebut diserahkan kepada 3 gubernur, 1 wali kota, 9 bupati, 13 pemenang lomba keberaksaraan, 6 wartawan, 6 taman bacaan masyarakat (TBM), 6 PKBM, dan 6 sanggar kegiatan belajar (SKB).  Mendikbud mengucapkan selamat dan terima kasih atas partisipasi aktif dalam memajukan keaksaraan di Indonesia.

“Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh gubernur, bupati dan walikota, serta para pengelola dunia pendidikan atas dedikasi, komitmen, dan prestasinya, sehingga dunia pendidikan kita semakin baik,” ujar Mendikbud.

Dalam sambutannya Mendikbud menjelaskan bahwa tanpa mengenal keaksaraan, tidak mungkin seseorang mampu mengembangkan keilmuwan dan pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Meskipun keaksaraan pada tahap awal lebih difokuskan pada keaksaraan alfabetik dan numerik, namun dengan perkembangan zaman, maka keaksaraan ini tidak cukup berhenti pada tahapan itu. Keaksaraan harus ditingkatkan pada keaksaraan informasi atau illiteracy dan keaksaraan lainnya.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan termasuk bagian dari amal kebajikan kita. mudah-mudahan pendidikan dan SDM kita semakin baik dan bisa mengantarkan Indonesia semakin jaya,” harap Mendikbud.

Selain menyerahkan penghargaan, dalam rangkaian puncak peringatan HAI ke-49 tersebut, Mendikbud menandatangani 20 prasasti peresmian lembaga pendidikan di Sultra. Mendikbud juga memberikan secara simbolisis buku Kurikulum 2013 kepada perwakilan siswa dan guru dari tingkat SD, SMP, hingga SMA/SMK se-Sultra. Di akhir acara, Mendikbud berkesempatan meninjau sejumlah stan pameran dan melihat koleksi yang dipamerkan. (Ratih Anbarini)


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Mendikbud / penghargaan / Peringatan / Puncak / Serahkan dengan judul "Mendikbud Serahkan 50 Penghargaan di Puncak Peringatan HAI 2014".http://soal2online.blogspot.com/2014/09/mendikbud-serahkan-50-penghargaan-di.html.

ARTIKEL TERKAIT: