Friday, September 26, 2014

Pemda Kalsel Minta Pertemuan Siswa dengan Sastrawan Berlanjut

Banjarmasin, Kemdikbud --- Pemerintah daerah Provinsi Kalimantan Selatan dan Kota Banjarmasin menyambut baik kegiatan Sastrawan Bicara Siswa Bertanya (SBSB) yang diselenggarakan Kemdikbud melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah di Banjarmasin, Kamis (25/09/2014). Kegiatan yang telah berlangsung selama 14 tahun ini dianggap sebagai cara yang efektif untuk memotivasi siswa untuk meningkatkan minat sastra dan minat baca tulis di kalangan para siswa.

“Kegiatan ini inovatif dan patut mendapat apresiasi,” demikian sambutan tertulis Walikota Banjarmasin, Muhidin, yang dibacakan oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan M. Amin, pada pembukaan kegiatan SBSB di SMAN 1 Banjarmasin, Kamis (25/09/2014).

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Kalsel Rudy Arifin juga menyampaikan sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kadisdik Kalsel Ngadimun. Rudy mengatakan,  Selama ini siswa hanya membaca karya sastra tanpa bertemu dengan sastrawan tersebut. Kesempatan ini merupakan kesempatan emas yang tidak boleh disia-siakan oleh para siswa dan guru. Ia berpesan kepada siswa untuk menggali ilmu dari para sastrawan. “Tanyakan kepada mereka bagaimana mereka bisa membuat karya yang sangat mengesankan,” katanya.

Ia menambahkan, membaca karya sastra sama dengan membaca kehidupan. Karya sastra dapat menjadi refleksi dari realitas hidup. “ Dan kepekaan pelajar terhadap lingkungan tersebut akan membawa efek positif bagi pengembangan diri,” katanya.

Dengan manfaat tersebut, baik Muhidin maupun Rudy berharap kegiatan ini tidak hanya dilakukan saat ini saja. Pertemuan para sastrawan dengan para siswa diharapkan berlanjut dan menjangkau wilayah yang lebih luas. Tahun ini, ada enam kota yang menjadi target SBSB, yaitu Bukit Tinggi, Tanjung Pinang, Yogyakarta, Semarang, Banjarmasin, dan Makassar. “Kalau bisa jangan hanya di kota saja, tapi juga menyentuh di wilayah pedalaman,” katanya. (Aline Rogeleonick)


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Berlanjut / dengan / Kalsel / minta / pemda / Pertemuan / Sastrawan / Siswa dengan judul "Pemda Kalsel Minta Pertemuan Siswa dengan Sastrawan Berlanjut".http://soal2online.blogspot.com/2014/09/pemda-kalsel-minta-pertemuan-siswa.html.

ARTIKEL TERKAIT: