Thursday, September 18, 2014

Pemda Lanny Jaya Panggil Alumni SM3T untuk Kembali Mengajar

Jakarta, Kemdikbud --- Kabupaten Lanny Jaya, Papua, sebuah kabupaten yang berada di paling timur Indonesia, merupakan salah satu wilayah yang jauh dari pusat pemerintahan negara dan belum tersentuh pendidikan yang layak. Tapi sejak tahun 2013, kabupaten ini telah membuka diri dan menerima 50 peserta sarjana mengajar di daerah 3T (SM3T) untuk mendidik anak-anak mereka.

Disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Lanny Jaya, Christian Sohilait, di tahun 2013 lalu daerahnya mendapat 32 guru dari Universitas Riau (Unri), dan 18 guru dari Universitas Negeri Medan (Unimed). Dan selama satu tahun itu pula, pemerintah daerah Lanny Jaya memberi perhatian penuh kepada para guru SM3T ini.

Menurutnya, kehadiran guru SM3T merupakan berkah bagi mereka untuk menciptakan sumber daya manusia dari anak Papua yang berdaya saing. “Program ini sangat jenius,” demikian dikatakan Christian saat berkesampatan menyampaikan testimoninya di hadapan Mendikbud dan 1.500 peserta SM3T, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (17/09) malam.

Sebagai bentuk keseriusan pemda, para guru alumni SM3T Lanny Jaya yang tahun ini telah selesai tugasnya di Lanny Jaya mereka panggil kembali untuk mengajar anak-anaknya disana. “Kami biayai sendiri, dan kami beri mereka tunjangan Rp5 juta per bulan,” katanya.

Christian mengatakan, perhatian Pemda Lanny Jaya kepada para guru SM3T telah dilakukan sejak dirinya belum menjabat sebagai sekretaris daerah. Sebelumnya, ia adalah kepala dinas pendidikan kabupaten Lanny Jaya, sehingga ia tahu persis bagaimana kehadiran SM3T memberi harapan bagi daerahnya untuk maju.

Selama para guru SM3T bertugas, Christian meminta kepada mereka untuk total membina anak-anak didiknya. “Kasih anak Papua waktu 15-16 jam dari 24 jam waktumu, dan 8-9 jam lainnya silakan untuk kehidupanmu,” tuturnya.

Christian berharap, meskipun negara ini sedang dalam masa transisi pemerintahan, program SM3T tetap dijalankan. Melalui program Maju bersama Mencerdaskan Indonesia, Kemdikbud memberi harapan baru bagi daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Hingga angkatan ke empat, Kemdikbud telah mengirimkan lebih dari 10.000 orang sarjana ke wilayah 3T untuk menjangkau anak-anak bangsa yang berada jauh dari pusat kota, pusat pemerintahan, guna mendapatkan pendidikan. (Aline Rogeleonick)


View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Alumni / kembali / Lanny / Mengajar / Panggil / pemda / untuk dengan judul "Pemda Lanny Jaya Panggil Alumni SM3T untuk Kembali Mengajar".http://soal2online.blogspot.com/2014/09/pemda-lanny-jaya-panggil-alumni-sm3t.html.

ARTIKEL TERKAIT: