Friday, September 5, 2014

Penghargaan Gelar Kehormatan Bentuk Apresiasi Kemdikbud Terhadap Prestasi

Jakarta, Kemdikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, memberikan sambutan pada acara Penganugerahan gelar kehormatan Doktor  Honoris Causa (Dr. H.C) bidang jurnalistik kepada Jakob Oetama, di Graha Utama Kemdikbud, Jumat (05/09/2014). Penganugerahan tersebut diberikan atas dedikasi Jakob dalam bidang jurnalistik, terutama gagasannya tentang jurnalistik makna.

Dalam sambutannya, Mendikbud menjelaskan alasan dibalik penganugerahan gelar kehormatan untuk Jakob. Menurutnya, Jakob memang pantas mendapatkan gelar tersebut. Dengan menganologikan rumus matematika, ia menerangkan memang betul apa yang diberikan kepada Jakob sesuai dengan upaya-upaya yang dia lakukan di bidang jurnalistik.

“Kita harus membiasakan memberikan apresiasi atas setiap prestasi,” tuturnya, agar menjadi dorongan bagi akademisi untuk bisa terus mengembangkan kemampuan mereka, yang jelas nantinya akan berguna bagi kepentingan orang banyak. Dia pun menjelaskan bahwa para akademisi ini merupakan guru. Dan guru, kata dia, adalah lampu penerang bagi masalah-masalah yang di hadapi bangsa saat ini.

Mendikbud mengatakan, selain guru yang dilihat sebagai profesi, guru kedua yang bisa menjadi lampu penerang lainnya adalah media massa. Media massa harus bisa berfungsi sebagai pendidik, pendorong, dan pencerah masyarakat, tidak hanya mencari-cari masalah tapi juga ikut memberikan masukan untuk bisa menyelesaikan masalah.

Di akhir sambutannya, Mendikbud menyatakan dukungan Kemdikbud kepada setiap akademisi yang berprestasi, dan berdedikasi. Untuk itu diharapkan apresiasi seperti penganugerahan gelar kehormatan terus dilakukan, untuk memotivasi para akademisi agar terus berkarya, dan terus memberikan pengetahuannya kepada masyarakat. (Harriswara Akeda/Aline Rogeleonick)


View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Apresiasi / Bentuk / Gelar / Kehormatan / Kemdikbud / penghargaan / Prestasi / Terhadap dengan judul "Penghargaan Gelar Kehormatan Bentuk Apresiasi Kemdikbud Terhadap Prestasi".http://soal2online.blogspot.com/2014/09/penghargaan-gelar-kehormatan-bentuk.html.

ARTIKEL TERKAIT: