Thursday, September 18, 2014

Peserta Silaturahim SM3T Ikuti Seminar Kebangkitan Pendidikan Daerah Tertinggal

Jakarta, Kemdikbud --- Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan (Wamendik), Musliar Kasim, membuka seminar bertajuk Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia, di Jakarta, Kamis (18/09/2014). Seminar tesebut dihadiri oleh 1.500-an peserta dari pendidikan profesi guru (PPG), pendidikan profesi guru terintegrasi (PPGT), dan alumni program sarjana mengajar di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (SM3T).

Seminar tersebut membahas tentang kebangkitan pendidikan daerah tertinggal. Musliar  menjelaskan, salah satu cara agar kebangkitan pendidikan daerah dapat diwujudkan adalah dengan adanya Kurikulum 2013. "Bila ini diterapkan (kurikulum 2013), saya yakin pendidikan kita akan lebih maju", katanya.

Seminar ini juga mengundang Soedijarto dan Arief Rachman sebagai narasumber. dalam kesempatan tersebut Soedijarto menjelaskan, Kurikulum 2013 dan program SM3T bisa menjadi faktor penunjang pendidikan di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, peserta seminar dibuat tertawa ketika Arief Rachman menjawab setiap pertanyaan dari peserta. Salah satu pertanyaan yang dilontarkan peserta adalah tentang bagaimana agar dapat mencintai murid tanpa batas. Dari pertanyaan tersebut, Arief yang merupakan praktisi pendidikan ini menjawab santai. “Kamu pernah mencintai seseorang tana batas?” tanyanya. Sang penyanya menjawab, “pernah, pak”. Arief kembali menimpali, “Ya sudah, cintai murid anda tanpa batas,” kata Arief yang disambut gelak tawa para peserta.

Peserta lain juga diberi kesempatan untuk bertanya. Salah satunya menanyakan mengapa pendidikan di Indonesia itu buruk. “Yang salah itu gurunya, sistemnya, atau siapa pak?” tanyanya. Arief pun melempar pertanyaan balik kepada sang penanya, “Al-Quran yang salah atau manusia yang salah?" kata Arief. Pertanyaan tersebut langsung dijawab serentak oleh para peserta, “Manusiaaaaa...”

Dari dialog-dialog tersebut Arief mengaku senang karena para guru berpikir kritis. “Mudah-mudahan guru-guru Indonesia menjadi tulang punggung peradaban bangsa" katanya. (Harriswara Akeda)


View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori daerah / Ikuti / Kebangkitan / Pendidikan / Peserta / Seminar / Silaturahim / Tertinggal dengan judul "Peserta Silaturahim SM3T Ikuti Seminar Kebangkitan Pendidikan Daerah Tertinggal".http://soal2online.blogspot.com/2014/09/peserta-silaturahim-sm3t-ikuti-seminar.html.

ARTIKEL TERKAIT: