Friday, September 26, 2014

SBSB Tingkatkan Pemahaman Kebahasaan Siswa

Banjarmasin, Kemdikbud --- Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Achmad Jazidie mengatakan, penyelenggaraan kegiatan Sastrawan Bicara Siswa Bertanya (SBSB) di enam kota di tahun 2014 ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kebahasaan di kalangan para siswa dan guru. Dengan pemahaman tentang bahasa yang baik, kata dia, maka pemahaman konteks ilmu lainnya akan turut membaik.

Jazidie mengatakan, selain meningkatkan pemahaman, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kecintaan siswa kepada dunia baca tulis dan sastra. Ia mengakui, saat ini minat baca dan tulis di negeri ini masih sangat minim. Ajang semacam ini, kata dia, dapat menjadi motivasi bagi siswa untuk meningkatkan pemahamannya dalam berbahasa. “Pemahaman yang benar tentang bahasa Indonesia sangat penting, terutama dengan maraknya perdebatan di media sosial tentang makna 4x6 dan 6x4,” katanya.

Jazidie mengambil contoh pada masalah tata bahasa dalam konteks matematika yang belakangan ramai diperbincangkan di masyarakat. Ia mengatakan, dalam melihat konteks matematika tersebut, yang harus dipahami terlebih dahulu adalah aturan kebahasaannya. Yaitu yang mana yang diterangkan dan yang mana yang diterangkan. “Ketika konsep bahasanya benar, maka konsep matematikanya juga benar,” katanya.

Senada dengan Jazidie, sastrawan nasional angkatan 66, Taufiq Ismail, mengatakan, SBSB merupakan media untuk meningkatkan minat baca dan tulis siswa. Dengan membaca, siswa dibekali pengetahuan yang luas untuk bertarung dalam kehidupan. “Jadi tujuan kegiatan ini bukan agar anak-anak ingin jadi sastrawan. Tapi tergerak hati mereka untuk cinta membaca buku dan gemar menulis,” katanya.

Kegiatan tahun 2014 ini merupaka agenda SBSB yang ke 14 tahun. Dan di tahun ini pula ada enam kota yang ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan, yaitu Semarang, Bukit Tinggi, Tanjung Pinang, Yogyakarta, Banjarmasin, dan Makassar. (Aline Rogeleonick)


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kebahasaan / Pemahaman / Siswa / tingkatkan dengan judul "SBSB Tingkatkan Pemahaman Kebahasaan Siswa".http://soal2online.blogspot.com/2014/09/sbsb-tingkatkan-pemahaman-kebahasaan.html.

ARTIKEL TERKAIT: