Sunday, September 7, 2014

SDN 03 Cimahi Terapkan Pembelajaran Melalui Pendekatan Alam Terbuka

Jakarta, Kemdikbud --- Sekolah Dasar Negeri 03 Cimahi terapkan pembelajaran di alam terbuka. Para peserta didik diajak mengenali dan mempraktekkan langsung teori yang telah diberikan didalam kelas. Cara tersebut terbukti cukup efektif dalam meningkatkan minat belajar para siswa.

"Vera salah satu siswa SDN 03 Cimahi mengaku senang dengan metode belajar di alam terbuka," disampaikan oleh Denni Martin reporter berita salah satu stasiun televisi swasta, di Jakarta.

Menanggapi model pembelajaran di SDN 03 Cimahi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengatakan, pendekatan pada pembelajaran Kurikukum 2013 para siswa diajak untuk melakukan observasi, bertanya, berpikir, meneliti, dan berkomunikasi. Mengenai bahan belajar, kata Mendikbud, tidak hanya ada di teks buku, tetapi alam sekitar pun bisa menjadi bahan pembelajaran.

"Apa yang dilakukan SD tersebut bagus, dan benar itu Kurikukum 2013. Sangat kita dorong para siswa untuk belajar mengenal lingkungan," ungkap Mendikbud saat di wawancarai oleh salah satu televisi swasta di Jakarta, pada hari Minggu (07/09/2014).

Arman salah satu guru di SDN 03 Cimahi dalam rekaman wawancara televisi swasta menyampaikan, salah satu contoh penerapan Kurikulum 2013 yaitu memberikan pembelajaran di alam terbuka, disamping beragam permainan anak di lapangan yang dapat memacu kreativitas siswa. (Seno Hartono)


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Cimahi / Melalui / Pembelajaran / Pendekatan / Terapkan / Terbuka dengan judul "SDN 03 Cimahi Terapkan Pembelajaran Melalui Pendekatan Alam Terbuka".http://soal2online.blogspot.com/2014/09/sdn-03-cimahi-terapkan-pembelajaran.html.

ARTIKEL TERKAIT: