Thursday, September 25, 2014

TK Negeri Pembina Tingkat Nasional Menjadi Pusat Rujukan PAUD Nasional

Jakarta, Kemdikbud --- Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal Kemdikbud Hamid Muhammad, didampingi Chief Education Cluster UNICEF Indonesia Nabendra Dahal, meresmikan Taman Kanak-kanak (TK) Negeri Pembina Tingkat Nasional sebagai pusat rujukan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nasional. Peresmian dilakukan pada hari Kamis (25/09/2014), di Jakarta Selatan.

"Kami sampaikan terima kasih kepada UNICEF yang selalu bersama-sama mendukung terealisasinya TK negeri pembina tingkat nasional," ucap Hamid dalam sambutannya.

Pada tahun 2011, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh telah mencanangkan gerakan Paudisasi. Sejak saat itu, kata Hamid, Kemdikbud mendorong gerakan Paudisasi keseluruh daerah di Indonesia. Gerakan tersebut membuahkan hasil yang sangat luar biasa dengan makin berkembangnya lembaga PAUD, mencapai 178 ribu. "Apabila TK Pembina ini dapat berjalan sukses, maka kita akan perluas lagi ketingkat provinsi hingga kabupaten/kota,"ungkapnya.

Hamid mengemukakan TK Negeri Pembina Tingkat Nasional yang berlokasi Petukangan, Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan ini,  akan menjadi rujukan dan model penyelenggaraan bagi lembaga PAUD lainnya di Indonesia. Selain itu juga dapat mendukung dikeluarkannya standar pelaksanaan PAUD, sehingga dapat memberikan kendali kualitas penyelenggaraan PAUD.

Pada kesempatan ini Chief Education Cluster UNICEF Indonesia Nabendra Dahal mengatakan anak-anak merupakan harta termahal. Ia mengungkapkan ketika melihat mata anak-anak Indonesia, akan terlihat bahwa mereka merupakan calon pemimpin nasional dan dunia di masa depan.

Ia mengakui, selama ini Indonesia sudah menunjukkan peran sebagai salah satu pemimpin dunia. Ia mencontohkan, beberapa abad yang lalu Indonesia memimpin dunia melalui kekayaan budaya yang sangat luar biasa. Kemudian sekitar tahun 1950an, Indonesia memimpin gerakan non-blok.

"Oleh sebab itu UNICEF sangat gembira dapat bekerja sama dengan Kemdikbud untuk dapat membantu lembaga PAUD. Diharapkan ke depan Indonesia dapat jadi pemimpun dunia di segala aspek," tutur Nabendra. (Seno Hartono)


View the original article here

Penulis: Unknown Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Menjadi / Nasional / Negeri / Pembina / pusat / Rujukan / Tingkat dengan judul "TK Negeri Pembina Tingkat Nasional Menjadi Pusat Rujukan PAUD Nasional".http://soal2online.blogspot.com/2014/09/tk-negeri-pembina-tingkat-nasional.html.

ARTIKEL TERKAIT: