Saturday, September 6, 2014

Wamenbud: Museum dan Cagar Budaya Diharapkan Jadi Pusat Inspirasi Para Pemuda

Jakarta, Kemdikbud --- Bangsa Indonesia dimasa lampau sudah memiliki jati diri berperadaban tinggi dan berkarakter sangat kuat. Hal tersebut tercermin dari peninggalan-peninggalan cagar budaya dan museum yang di dalamnya mengandung makna kearifan, dan filosofis bernilai sangat tinggi.

"Peninggalan cagar budaya dan museum yang mengandung makna kearifan dan filosofis yang tinggi, diharapkan menjadi inspirasi para pemuda," ungkap Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang kebudayaan (Wamenbud) Wiendu Nuryanti, pada acara Malam Penganugerahan Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, di Jakarta, Jumat (05/09/2014).

Wiendu mengatakan, beragam upaya dan strategi telah dilakukan oleh pemerintah dalam melestarikan Cagar Budaya dan mengembangkan Permuseuman di Indonesia. Namun upaya pelestarian dan pengembangan tersebut tidak akan berjalan dengan baik dan lancar tanpa keterlibatan pemerintah daerah, sektor swasta, dan masyarakat. 

Oleh katena itu, untuk mengapresiasi dan menghargai jasa dan peran pemerintah daerah, tokoh pelestari, dan juru pelihara dalam upaya melestarikan Cagar Budaya dan Pengembangan Permuseuman. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menganugerahkan penghargaan bagi pelestari Cagar Budaya dan Permuseuman.

"Semoga hal ini dapat menjadi inspirasi dan memotivasi bagi para kaum muda dalam memuliakan kebudayaan Indonesia," ujar Wiendu.

Wiendu berharap, para pemenang dapat menyebarkan ke setiap masyarakat untuk terus menjaga peninggalan nenek moyang. Para nominasi pun dapat menyebarkan kepada masyarakat untuk mencintai Cagar Budaya dan Museum. "Jadikan Cagar Budaya dan Museum menjadi suatu kebutuhan. Dan slogan Museum di Hatiku, dapat benar-benar terwujud museum selalu di hati masyarakat," pungkasnya. (Seno Hartono)


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Budaya / Cagar / Diharapkan / Inspirasi / Museum / Pemuda / pusat / Wamenbud dengan judul "Wamenbud: Museum dan Cagar Budaya Diharapkan Jadi Pusat Inspirasi Para Pemuda".http://soal2online.blogspot.com/2014/09/wamenbud-museum-dan-cagar-budaya_6.html.

ARTIKEL TERKAIT: