Tuesday, October 7, 2014

56846 Orang Ikuti TKD CPNS di Lingkungan Kemdikbud

Sawangan, Kemdikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyelenggarakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014. Pada tahap permulaan pelamar akan menjalani Tes Kompetensi Dasar (TKD). Menurut data Sebaran Pelamar per Wilayah Tempat Ujian Kompetensi (TUK) Seleksi CPNS Kemdikbud Tahun 2014 yang dikeluarkan Biro Kepegawaian Kemdikbud Selasa, (7/10/2014),  secara nasional peserta TKD berjumlah 56846 orang, akan memperebutkan formasi di perguruan tinggi daerah dan instansi pusat Kemdikbud.

Untuk wilayah Jakarta sekitar 5319 orang peserta akan berlomba untuk mengisi formasi di Universitas Terbuka, Universitas Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Media Kreatif, Universitas Indonesia, dan Politeknik Negeri Jakarta. Penyeleksian CPNS untuk formasi tersebut dilakukan di perguruan tinggi masing-masing.

Seluruh peserta akan mengikuti seleksi di daerah masing-masing. Sedangkan untuk instansi pusat di lingkungan Kemdikbud penyeleksiannya akan dilakukan di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan (Pusbangtendik) Sawangan, Bogor. Jumlah pelamar yang akan mengikuti tes tahap awal ini untuk formasi di instansi pusat lingkungan Kemdikbud 4371 orang. Penyeleksian CPNS Kemdikbud dilakukan secara serentak pada tanggal 7-13 Oktober 2014 di seluruh daerah di Indonesia.

Untuk bisa mengikuti TKD peserta telah melalui beberapa tahapan. Peserta pada awalnya melakukan pendaftaran secara online, setelah memastikan formasi yang peserta lamar sesuai atau tidak dengan pendidikan yang peserta miliki, selanjutnya mengikuti ujian TKD.

Pelaksanaan tes tahun ini menggunakan metode yang berbeda dengan metode sebelumnya, karena Kemdikbud sudah menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yaitu metode seleksi menggunakan software khusus dengan alat bantu komputer yang sudah terintegrasi dengan sistem yang ada di pusat.

Dengan penggunaan sistem CAT ini, proses seleksi CPNS berlangsung lebih cepat, karena setelah mengikuti tes, peserta dapat langsung mengetahui hasil tes yang sudah mereka lakukan. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang memerlukan waktu lebih lama untuk mengetahui hasil tes karena menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK).

Dari pelaksanaan seleksi CPNS ini diharapkan akan terjaring peserta yang memiliki kompetensi, professional, dan berdedikasi dalam memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat, serta mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.(Harriswara Akeda)


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori 56846 / Ikuti / Kemdikbud / lingkungan / Orang dengan judul "56846 Orang Ikuti TKD CPNS di Lingkungan Kemdikbud".http://soal2online.blogspot.com/2014/10/56846-orang-ikuti-tkd-cpns-di.html.

ARTIKEL TERKAIT: