Saturday, October 4, 2014

Asrama Dibangun untuk Tingkatkan Prestasi Mahasiswa Indonesia di Al Azhar Kairo

Jakarta, Kemdikbud --- Pembangunan gedung asrama mahasiswa Indonesia di kawasan Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir telah memasuki tahap penyelesaian. Gedung asrama tersebut diresmikan langsung oleh Presiden SBY melalui penandatanganan prasasti yang dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (3/10). Asrama ini akan menampung lebih banyak mahasiswa Indonesia dan diharapkan dapat meningkatkan prestasi selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang dipimpin oleh rektor Ahmed El-Husaini ini.

Pembangunan gedung asrama bukan semata-mata untuk memberikan tempat tinggal yang layak bagi mahasiswa Indonesia, tetapi juga  untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab. Karena, berdasarkan kesepakatan dengan pihak Al Azhar, gedung asrama akan diisi oleh 50 persen mahasiswa Indonesia, 25 persen mahasiswa Mesir berprestasi, dan 25 persen lainnya akan diisi oleh mahasiswa asing berprestasi dari negara lain. Dengan komposisi seperti ini, diharapkan para mahasiswa Indonesia di Mesir dapat memperluas jaringan dan pergaulan, sehingga kemampuan bahasa asing mereka semakin baik.

Atase Pendidikan KBRI Kairo, Fahmy Lukman, dalam laporan kronologi pembangunan asrama yang diterima www.kemdikbud.go.id menjelaskan, banyak alasan mengapa pembangunan asrama mahasiswa Indonesia ini mendesak dilakukan. Selama ini, hanya sekitar 15 persen mahasiswa Indonesia dapat tinggal di asrama yang disediakan Universitas Al Azhar. Sisanya tinggal di luar asrama yang lokasinya jauh dari kampus untuk mendapatkan harga sewa yang murah. “Berada di kawasan yang sepi, kumuh, dan rawan kejahatan mengakibatkan sering terjadinya gangguan sosial dan keamanan,” katanya.

Selain itu, untuk menghemat biaya sewa, biasanya mahasiswa Indonesia dari daerah yang sama menempati satu tempat tinggal, sehingga menyempitkan pergaulan di antara mahasiswa dari daerah maupun negara lainnya. Akibatnya, hal ini menghambat kemajuan mereka dalam penggunaan bahasa Arab.  Bahkan, mereka menjadi tidak percaya diri untuk bergaul dan berkawan dengan mahasiswa asing lainnya.

Atas alasan itulah, Duta Besar Indonesia RI, Nurfaizi Suwandi menyelenggarakan “Lokakarya Dukungan terhadap Peningkatan Prestasi Mahasiswa Indoensia di Mesir” pada tanggal 12-13 April 2008. Di antara rekomendasi lokakarya tersebut menyangkut pendirian asrama mahasiswa, yaitu:  “Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah mengupayakan kontribusi nyata khususnya terhadap Al Azhar berupa pembangunan asrama yang dapat menampung lebih banyak mahasiswa Indonesia yang sedang studi di Universitas Al Azhar. Asrama tersebut sepenuhnya akan berada dalam pengelolaan dan pengawasan Al Azhar.”

Pembangunan asrama ini juga sebagai bentuk penghargaan kepada pihak Al Azhar yang telah memberikan perhatian besar bagi mahasiswa Indonesia. Sejak awal keberadaan mahasiswa Indonesia di Al Azhar, kontribusi tidak hanya terbatas pada bantuan transformasi ilmu pengetahuan, tetapi bantuan dalam bentuk materi. Setiap tahun, Al Azhar memberikan bantuan untuk mahasiswa Indonesia sekitar Rp 23,6 miliar.

Fahmy menyebut keberadaan asrama mahasiswa di tengah-tengah kampus Universitas Al Azhar memberikan keuntungan tersendiri. Pertama, lokasi asrama berada di tengah-tengah kampus, sehingga tercipta suasana kondusif untuk belajar. Kedua, dikelola di bawah pengawasan langsung Al Azhar, sehingga mahasiswa terhindar dari pengaruh aliran radikal dan ekstrim yang sangat berbahaya bagi stabilitas bangsa Indonesia di masa yang akan datang. “Ketiga, mengurangi problematika pemondokan bagi mahasiswa yang belakangan ini selain semakin mahal, juga lingkungannya sangat rawan kejahatan,” tulis Fahmy. (Ratih Anbarini)


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Asrama / Azhar / Dibangun / Indonesia / Kairo / Mahasiswa / prestasi / tingkatkan / untuk dengan judul "Asrama Dibangun untuk Tingkatkan Prestasi Mahasiswa Indonesia di Al Azhar Kairo".http://soal2online.blogspot.com/2014/10/asrama-dibangun-untuk-tingkatkan.html.

ARTIKEL TERKAIT: