Tuesday, October 7, 2014

Bantuan Operasional PTN Naik 50 Persen

Semarang, Kemdikbud --- Anggaran fungsi pendidikan akhirnya disahkan oleh DPR minggu lalu. Dari hasil pengesahan, anggaran untuk bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) naik dari Rp3 triliun menjadi Rp4,5 triliun. “Itu naiknya 50 persen,” demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, di Semarang, Sabtu (04/10/2014).

Mendikbud mengatakan, selain BOPTN anggaran pendidikan tinggi juga menaikkan anggaran sarana dan prasarana menjadi Rp6 triliun. Kenaikan tersebut untuk membantu PTN-PTN baru agar bisa mengejar ketertinggalan dengan PTN lain yang lebih tua.

Dari tahun 2009-2014 Mendikbud menyebutkan ada 36 PTN baru, baik yang baru berdiri maupun PTS yang dinegerikan. 36 PTN tersebut terdiri dari 16 universitas, lima institut, dan 15 politeknik. Lima institut tersebut terdiri dari dua institut teknologi, yaitu Itera (Institut Teknologi Sumatera) dan Institut Teknologi Kalimantan (ITK), dan tiga institut seni dan budaya. “Institut seni dan budaya itu berada di Aceh, Kalimantan, dan Papua,” katanya.

Dengan penambahan ini, kata Mendikbud, jika dilihat di peta maka untuk kebutuhan perguruan wilayah-wilayah terluar sudah hampir terpenuhi. Selain 36 PTN baru, juga sudah berdiri 26 akademi komunitas di kabupaten/kota. Targetnya, setiap kabupaten/kota memiliki satu akademi komunitas. (Aline Rogeleonick)


View the original article here

Penulis: octa vinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori BANTUAN / Operasional / Persen dengan judul "Bantuan Operasional PTN Naik 50 Persen".http://soal2online.blogspot.com/2014/10/bantuan-operasional-ptn-naik-50-persen.html.

ARTIKEL TERKAIT: